• Headline News





    Friday, August 30, 2019

    Dinas Pariwisata SBT Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com 
    Demi meningkatkan perkembangan Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur lewat Dinas Pariwisata resmi melaksanakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi.

    Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat (30/08/09) di ruangan Winkel lantai dua, Bula.

    Ketua Panitia, Wahab Rumakat dalam sambutannya menjelaskan, anggaran pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari Dokumen Pelaksaan Anggaran (DPA) Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun Anggaran 2019.

    Selain itu, berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pariwisata 556 1012 ISK IDISPAR NllI/2019 Tentang Pembentukan Panitia Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Kuliner dan Belanja. 

    Selain itu, Rumakat menambahkan, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami diversivikasi produk dan dasar kepariwisataan, mengetahui dan memahami pengembangan desa wisata berbasis masyarakat, memahami tentang sapta pesona dan tugas pokok dari kelompok sadar wisata, meningkatkan pengetahuan pemandu wisata budaya kuliner dan belanja, melahirkan pemandu wisata yang handal dan bisa menjual pariwisata, serta menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif.

    Kegiatan yang dibuka oleh Asisten III Setda SBT, M. Saleh Rumakway ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas menjelaskan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kemampuan penganekaragaman kuliner sehingga dapat menjadi mandiri dan maju dalam pengembangan usaha kuliner yang ditekuni.

    Dengan begitu, diharapkan terjadi peningkatan jumlah dan tidak kalah penting kualitas menu kuliner sebagai upaya menarik wisatawan.

    Selain itu, Bupati dalam sambutannya berharap, semua stakholder dapat memikirkan dan memahami ilmu yang didapat hari ini, untuk mendapatkan hal positif menjadikan Seram Bagian Timur menjadi salah satu tujuan wisata.

    Selanjutnya, dalam konteks peningkatan ekosistem kepariwisataan, tatakelola Destinasi dapat mendorong peran sektor Kepariwisataan untuk menjadi driver/co-driver dengan menggerakkan academision, business, comunity government, media dalam skema, penta helix dengan membangun lingkungan dan mata rantai yang saling melengkapi untuk mewujudkan kualitas, aktivitas, kapasitas dan pelayanan kepariwisataan yang memberikan manfaat kepada lingkungan dan Masyarakat.

    “Sasaran dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman, keterampilan, pola pikir tingkah laku kepada masyarakat dalam konteks sapta pesona, aman tertib dan ada kenangan sehingga ada nuansa bahwa wisatawan yang berkunjung dalam kondisi nyaman dan kita menyiapkan mereka dalam konteks sapta pesona,” ujarnya.

    Lanjutnya, kegiatan ini memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta pelatihan agar mampu mengembangkan kemampuan SDM dibidang pramuwisata.

    Peserta Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata terdiri dari Pelaku Usaha, Pengelola objek wisata‚Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, OPD terkait,Penjua| Kuliner Lokal, HPI dan Kelompok Organisasi wanita. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinas Pariwisata SBT Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top