• Headline News

    Friday, August 16, 2019

    28 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih SBB Di Kukuhkan

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Piru, Kompastimur.com 
    Drs Hi Moh Yasin Payapo M.Pd resmi kukuhkan 28 putra putri terbaik Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Merah Putih Kabupaten Seram Bagian Barat sesuai dengan SK Nomor 003.1 - 430 tanggal 15 Agustus Tahun 2019.

    Pengukuhan dengan tema Dengan tema "Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju" ini berlangsung di Lantai 3 Kantor Bupati Seram Bagian Barat Desa Morekau Kecamatan Seram Barat.

    Turut hadir Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Agus Setiawan.S.Ik, Danki Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Piru Iptu Supriyadi S.Sos, Kejari Hunipopu Syamsidar Monoarfa SH ,Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Dataran Hunipopu, Johanis Dairo Malo, SH, MH, Plh Setda SBB Hi Syamsudin Silawane,OPD Lingkup Pemkab SBB, Anggota Polri / TNI beserta 28 anggota paskibra

    Dalam sambutannya Bupati SBB Drs Hi Moh Yasin Payapo mengatakan Pengibaran bendera merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum sejarah yang harus diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia.
    Untuk menumbuhkan dan memantapkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara, maka pengibaran bendera dilakukan oleh putra putri terbaik diseluruh Kabupaten Seram Bagian Barat dalam pasukan pengibar bendera.

    Ditambahkan, kegiatan Paskibraka bagi pemerintah daerah serta pemangku kepentingan untuk menyeleksi putra putri terbaik dari seluruh wilayah di kabupaten seram bagian barat sebagai pengibar dan penurunan bendera, guna menunjukkan dan memantapkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

    "Formasi pengibaran bendera menjadi tiga kelompok yakni, kelompok 17, kelompok 8, dan kelompok 45. Merupakan simbolis atau gambaran peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945," jelas Payapo.

    Menurutnya, Paskibra memiliki sejarah yang panjang, sepanjang usia Republik Indonesia. Paskibra tidak hanya sekedar menaikan dan menurunkan bendera merah putih tetapi lebih dari itu karena merupakan rangkaian dan mata rantai aktifitas yang dimulai dari persiapan, sosialisasi, rekrutmen dan seleksi.

    "Pemusatan latihan sampai pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera serta pemberian penghargaan kepada anggota paskibra yang nantinya berhasil menunaikan tugasnya," Kata Payapo

    Lanjut Payapo, Adik-adik Paskibraka telah di latih dan digembleng oleh pelatih baik dari TNI maupun Polri dan panitia Paskibra selama kurang lebih 19 hari, sejak tanggal 27 Juli sampai hari ini mereka dikukuhkan.
    Dalam masa-masa latihan tersebut, telah ditanamkan banyak hal yang terkait dengan patriotisme, untuk menjadikan adik-adik putra putri yang memiliki jiwa besar, jiwa bangga menjadi pemuda pemudi yang mampu mendharma bhaktikan segala jiwa raga untuk kemerdekaan negara yang kita cintai ini, dengan menjadi Paskibraka.

    “Adik-adik paskibra Kabupaten Seram Bagian Barat, memiliki kesempatan menjadi Paskibra, tugas yang adik-adik laksanakan besok adalah tugas yang berat. Namun sangatlah mulia, karena adik-adik merupakan tunas-tunas bangsa, harapan bangsa dan negara dengan menunjukkan sikap rela berkorban, meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi pasukan pengibar bendera. Adik-adik telah mewujudkan dharma bhakti kepada bangsa dan negara, sebagaimana para pahlawan kita telah berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa dan negara,” tutup Payapo. (KT/MFS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 28 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih SBB Di Kukuhkan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top