• Headline News


    Friday, July 5, 2019

    Waooo Kades Suru Dilaporkan Di Kejari SBT



    SBT, Kompastimur.com 
    Penjabat Kepala Desa Administratif Suru Kecamatan Siritaun Wida Timur Kabupaten Seram Bagian Timur(SBT) Hajija Keliwouw dilaporkan ke kejakasaan Negeri (Kejari) SBT oleh Imran Rumaru yang merupakan pemuda asal Desa Suru pada tanggal 12 bulan Juni lalu.

    Hajija Keliwouw dilaporan karena ada dugaan Dana Desa (DD) milik desa sengaja disunat.

    Menurut Imran Rumaru, Hajija Keliwouw yang juga pejabat kepala Desa di Desa Suru itu dilaporkan lantaran tidak mampu mengklarifikasi terkait penyalah gunaan DD selama dua tahun berturut-turut itu di hadapan masyarakat, guna menjawab pertanyaan masyarakat terkait dua ratus lebih warga masyarakat yang tidak mendapatkan jatah bantuan tersebut.

    "Kami laporkan sebab dia tidak pernah hadir untuk mempertanggung jawabkan penggunaan itu bersama masyarakat," ujar Rumaru.

    Selanjutnya, Rumaru Kepada media ini di Bula beberapa waktu lalu mengatakan, dirinya telah mendapat persetujuan dari masyarakat Desa Suru guna melaporkan penjabat Kepala Desa Suru tersebut, lantaran dinilai telah banyak memanipulasi laporan pertanggung jawaban serta membuat program pembangunan tanpa musyawarah terlebih dahulu dengan unsur BPNA.

    "Bisa saja dia memanipulasi laporan, sebab dia tidak pernah melakukan musyawarah dengan BPNA untuk pengusulan program-program Desa, sehingga dia beserta sekretarisnya yang mengatur," ujar Rumaru.

    Rumaru menambahkan, jika laporan tersebut telah diserahkan ke kejaksaan tinggal menunggu kasie pidsus untuk ditindak lanjuti.

    " Laporannya sudah masuk tanggal 12 Juni lalu, jadi kata pihak Kejari tunggu kasie pidsus untuk di proses lebih lanjut," tambahnya.

    Sementara itu, sampai berita ini dilansir pejabat kepala desa Suru Hajija Keliwouw belum dapat dikonfirmasi terkait masalah DD tersebut lantara, pejabat kepala Desa Suru itu tidak dapat dihubungi.

    Untuk diketahui, penggunana Dana Desa mestinya dipertanggung jawabkan lansung oleh pihak Desa kepada masyarakat, bukan saja kepada Pemerintah Daerah, sehingga apa yang dikerjaan pihak Desa bisa diketahui dan dikontrol oleh seluruh masyarakat. (KT/FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Waooo Kades Suru Dilaporkan Di Kejari SBT Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top