• Headline News


    Sunday, July 14, 2019

    Dana Sudah Disalurkan Untuk 20 Kelurahan di Ambon


    Plh BPKAD Kota Ambon, Apries Gaspersz 
    Ambon, Kompastimur.com 
    Plh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon, Apries Gaspersz menyampaikan bahwa dana kelurahan tahap I sudah cair sejak 10 Juni 2019 lalu, dan telah disalurkan kepada 20 kelurahan yang ada.

    Pencairan ini dilakkukan lantaran usulan program program yang masuk ke pemerintah Kota Ambon.

    “Jadi dana kelurahan itu sudah cair dari tanggal 10 Juni 2019 dan semua kelurahan sudah dapat dana kelurahan tahap I,” ujarnya kepada wartawan di Ambon, Sabtu (13/072019).

    Menurutnya, dana kelurahan tahap I sendiri untuk setiap kelurahan mendapatkan 50 persen dari pagu Rp 352 juta yakni Rp. 176 juta. Sebab setiap kelurahan mendapat jatah dana sebanyak Rp 352 juta dan dibagi menjadi tahap I sebesar Rp. 176 juta dan II sebesar Rp. 176 juta.

    Dana kelurahan, lanjutnya,  untuk tahap I lebih diprioritaskan bagi program berbasis pemberdayaan masyarakat. Ini karena untuk pemberdayaan masyarakat tidak memakan waktu yang lama sehingga nantinya untuk pencairan tahap kedua dapat lebih cepat.

    “Tahap I untuk kegiatan yang prosesnya pemberdayaan yang nanti diutamakan, sedangkan fisiknya itu untuk proses tahap kedua,” jelasnya.


    Dikatakan, dalam aturan yang berlaku, untuk dana kelurahan hanya ada dua program yang diusulkan untuk tahap pertama dan tahap kedua. Untuk tahap pertama program pemberdayaan masyarakat dan pada tahap kedua pembangunan fisik.

    “Dijelaskan dalam aturan itu pemberdayaan dan pembangunan fisik saja nanti mereka bagi sesuai dengan hasil musrembang kelurahan tahap I di utamakan untuk pemberdayaan, untuk proses cepat supaya nanti tahap kedua bisa cepat cair begitu, Pembangunan fisik, diusulkan pada tahap kedua karena pembangunan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.  Fisik kan lama apalagi keadaan hujan seperti ini,” paparnya.

    “Jadi kondisinya abis hujan ini baru fisik jalan untuk tahap II kalau tidak nanti mubazir. Untuk tahap kedua sendiri, akan dapat dicairkan pada bulan Agustus mendatang. Dengan begitu, program untuk tahap I harus lebih dipercepat sehingga laporannya dapat dimasukan dan pencairan dapat dilakukan, pada bulan agustuds mendatang,” tambahnya.

    Dibeberkan, untuk anggaran dana kelurahan sendiri berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan sebanyak Rp 7.058 Miliar.

    “anggaran ini berasal dari DAU tambahan sebesar Rp.7,058 Miliar. Nanti setiap kelurahan dapat Rp.352 juta. Tergantung kelurahan punya perencanaan untuk permintaan,” tandasnya. (KT/12)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dana Sudah Disalurkan Untuk 20 Kelurahan di Ambon Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top