• Headline News


    Wednesday, June 19, 2019

    DPRD Minta Bupati Bursel Pecat Kadis Lemah



    Namrole, Kompastimur.com 
    Anggota DPRD Kabupaten Buru Selatan (Bursel) asal Partai Demokrat Ismail Loilatu dalam Paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) meminta Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa memecat kepala dinas dilingkup Pemda Bursel yang dianggap tidak mampu menyerap anggaran yang sudah ditetapkan bersama DPRD setempat.

    “Kami samua menginginkan negeri ini berkembang, pengelolaan keuangannya lebih maju lagi,  jadi catatatan kami DPRD dalam LKPJ untuk Pak Bupati itu tolong ditindak lanjuti. Kalaupun ada organisasi perangkat daerah yang pimpinannya dianggap terlalu lemah dalam penyerapan anggaran lebih baik dicopot saja karena masih ada banyak anak negeri ini, anak republik ini yang mau mengabdi,” ujar Loilatu saat rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati tahun anggaran 2018 diruang paripurna DPRD Bursel, Selasa (18/06/2019).

    Loilatu membeberkan, dari pembahasan LKPJ tahun 2018 banyak sekali Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlaku kaku menyerap anggaran sehingga penyerapan anggaran yang diperuntukan tidak dapat terserap dan berimbas pada pelayanan masyarakat tidak maksimal.

    “Mohon maaf bukan semua tetapi ada beberpa yang tidak maksimal dalam menyerap anggaran. Penyerapan anggaranya terlalu rendah dan sangat prihatin. Jujur saja sebagai anggota DPRD, kami cukup kecewa bahwa pada saat pembahasan APBD dan fakta APBD tahun 2018 semua SKPD berlombah-lombah untuk mendapatkan anggaran yang besar tetapi realisasinya apa yang kita lihat? ini kan lucu,” paparnya

    Bahkan anggaran tak terduga milik pemda banyak yang tersisa padahal anggaran itu dapat dipergunakan sebagaimana peruntukannya.

    “Anggaran tak terduga Pemda, banyak menyisakan anggaran yang luar biasa kemarin tahun 2018 itu. Padahal saya sebagai anggota DPRD yang turut menyuarakan kepentingan pengunsi di Ambalau,” ujarnya

    Dirinya berharap, agar catatan-catatan DPRD yang diberikan ke Pemda tidak menjadi catatan-catatan liar yang dibuang ke tempat sampah.

    “Ini jujur selama ini saudar-saudara (para Kadis) buat apa saja, terlalu banyak menyisakan anggaran. Jadi sampaikan salam hormat kami atas nama Partai Demokrat kepada saudara Bupati bahwa catatan LKPJ ini harus ditindak lanjuti sehingga kedepan, kita bisa naik satu tangga lagi dari Wajar dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Katong DPRD dan Rakyat negeri ini menginginkan kalau bisa Bursel keluar dari WDP dan menjadi daerah dengan predikat WTP,” pungkasnya. (KT/02)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Minta Bupati Bursel Pecat Kadis Lemah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top