• Headline News


    Tuesday, May 21, 2019

    Taman Buday Pemprov Maluku Lakukan Pagelaran Sastra


    Ambon, Kompastimur.com
    Setelah sukses melaksanakan pagelaran seni untuk sanggar seni se-Kota Ambon, kembali lagi Taman Budaya Provinsi Maluku melaksanakan pagelaran sastra di Maluku.

    Demikian sampaikan oleh Kepala Taman Budaya Provinsi Maluku Semy Toisutta kepada wartawan di Ambon, Senin (20/5).

    Dia menjelaskan, untuk menyemarakan kegiatan pagelaran sastra, Taman Budaya Maluku melibatkan komunitas seni dari komunitas sastra cakadidi dari Fakultas kejuruan Ilmu pendidikan (FKIP) Unpatti, komunitas sastra batu karang Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), bengkel sastra Maluku dan komunitas sastra pahanasa dari IAIN Ambon.

    "Komunitas akan menampilkan berbagai seni sastra diantaranya, puisi, musik kalisasi puisi dan lainnya,'' katanya.

    Dia mengatakan, Taman Budaya Provinsi Maluku sebagai bagian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku melakukan pagelaran agar, terjadi pertumbuhan dan percepatan untuk para seniman yang bergerak di bidang sastra.

    "Realita menyatakan seni sastra belum terlalu signifikan percepatan karena itu, kita butuh panggung dan ruang publik untuk mengakomodir seni sastra, karena itu Taman Budaya Provinsi Maluku sebagai salah satu ruang publik mendorong sastra ke permukaan, disisi lain sastra menjadi media pembelajaran dan edukasi untuk generasi kita tentang kecintaan kepada bangsa dan negara, bagaimana hidup sosialisasi secara bersama,''ungkapnya.

    Dia mengakui, dengan mempelajari sastra dan karya sastra akan terjadi evolusi kejiwaan yang menimbulkan rasa cinta kepada nilai-nilai kemanusiaan dan nasionalisme sehingga, terhindar dari nilai perpecahan.

    Disisi lain lanjut dia, dengan adanya panggung sastra, para seniman dapat meningkatkan kualitas di bidang sastra.

    "Kita sadari seniman bidang sastra cukup kuat dan tidak bisa putus, makanya kita akan gencar ke dunia pendidikan tapi, kita masih berada dalam ruang publik untuk mendorong seniman secara umum,'' terangnya.

    Dia menambahkan, pihaknya akan mendorong perlindungan dan pengembangan pembinaan terhadap kebudayaan di Maluku.

    "Dengan demikian ruang publik harus kita manfaatkan untuk mengembangkan karya sastra di Maluku,'' ucapnya. (KT/BN)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Taman Buday Pemprov Maluku Lakukan Pagelaran Sastra Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top