• Headline News


    Friday, May 24, 2019

    Ikan Tuna Genjot Devisa Daerah


    Maluku, Kompastimur.com 
    Pencapaian devisa dari ekspor hingga bulan ke lima tahun 2019 dari sektor perikanan Maluku hampir mencapai 50 persen dari target tahunan Bea Cukai Kota Ambon dan Ikan Tuna masih menjadi spesial ekspor sejumlah negara di Asia hingga ke Amerika.

    Diketahui, tuna-tuna terbaik dari Laut Banda dan sekitar laut Maluku menyumbang pendapatan besar bagi daerah. Berdasar dokumen ekspor, ada 173 dokumen telah terbit sejak Januari hingga 23 Mei 2019.

    100 persen pencapaian export ini, 70 persen diantaranya dari komoditas ekspor ikan tuna yang dikirim ke Vietnam, Jepang dan Amerika. Sedang 30 persen disumbang dari komoditas non-ikan, yaitu kepiting Dobo yang dikirim ke Malaysia dan Singapura.

    “Kita sudah capai 50 persen, tinggal 50 persen lagi  dari target 12 juta USD,” kata Kasubsi Hanggar I Soehendro Belen Bea Cukai Kota Ambon siang (24/5).

    Dikatakan, ikan tuna asal Maluku menjadi kesukaan para penggemar ikan pun pengusaha seafood di luar negeri sebab kualitas rasa hingga tekstur dan kandungan gizi tuna dari Maluku jadi keunggulan.


    Di bulan kelima 2019 pencapaian devisa ekspor sektor perikanan Maluku hampir mencapai 50 persen dari target tahunan Bea Cukai Kota Ambon. Ikan tuna masih menjadi primadona ekspor sejumlah negara di Asia hingga ke Amerika.

    Semenjak Januari hingga Mei tahun 2019 ini, pendapatan dari ekspor perikanan menembus 4,931 juta USD atau setara dengan Rp 60 miliar lebih. Dengan bobot komoditas yang berhasil dikirim ke luar sebesar 532 ton menggunakan jalur transportasi laut dan kargo pesawat.

    “Tahun lalu juga tercapai dari target 10 juta USD. Ada empat perusahaan yang ekspor,” kata Hendro.

    Pihaknya optimistis tahun ini mereka mampu menggenjot sektor perikanan mencapai target yang ditetapkan pusat. Apalagi pada awal ramdhan Bea Cukai melakukan pertemuan dengan pemerintah provinsi soal kendala ekspor perikanan. Yakni membahas masalah transportasi pengiriman kargo melalui pesawat.

    “Kendalanya dulu pengiriman harus pakai kontainer ekspor dari Jawa tapi makan waktu. Jadi kami kasih solusi, pakai kontainer lokal dulu sampai ke Jakarta baru dioper ke yang ekspor,” terang salah satu staf hanggar 1 Bea Cukai yang diketahui bernama Rizal. (KT/12)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ikan Tuna Genjot Devisa Daerah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top