• Headline News


    Friday, April 5, 2019

    Bawaslu Libatkan OKP, Pemilih Pemula di Pengawasan Partisipatif


    Namlea, Kompastimur.com
    Ketua Bawaslu Kabupaten Buru Fathi Haris Thalib berharap agar  generasi muda, OKP dan pemilih pemula terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif pemilu 2019.

    Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Buru, Fathi Haris Thalib kepada wartawan di sela-sela kegiatan Pengawasan Partisipatif Dalam Rangka Pemilu 2019, bertempat di Hotel Alexis, Kamis siang (4/4).

    Kegiatan ini diikuti OKP dan pemilih pemula dari kalangan pelajar dan mahasiswa serta Panwascam.

    Fathi mengatakan, adik-adik OKP di Buru, juga banyak yang baru menjadi pemilih pemula. Mereka memiliki peran penting dalam pelaksanaan proses demokrasi.

    Setiap kali hajat pemilu, kategori pemilih pemula selalu menempati posisi yang mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya mereka dianggap masih awam terkait wawasan soal kepemiluan.
    Bawaslu Buru membaca ini sebagai peluang lain. Selain meningkatkan wawasan terkait pemilu bagi pemilih pemula, mereka juga dilibatkan dalam kerangka pengawasan partisipatif untuk Pemilu dan Pilpres 17 April 2019 mendatang.

    Untuk itu Bawaslu Kabupaten Buru menggenjot pemahaman bagi pemilih pemula dalam rangka menggunakan hak politiknya, sekaligus berperan aktif dalam kerangka pengawasan partisipatif untuk menciptakan pemilu yang bersih dan berkualitas.

    Fathi menuturkan pemilih pemula ini diharapkan dapat menggunakan hak politiknya dengan benar. Minimal mereka paham bahwa pemilu adalah momentum strategis pergantian kekuasaan.

    “Yang terpenting dalam kaitan pengawasan pemilu, pemilih pemula ini bisa bersinergi dengan Bawaslu dalam hal pengawasan,” kata Fathi.

    Dalam kegiatan ini, para pemilih pemula  diberikan pemahaman jika menemukan pelanggaran pemilu bisa melaporkan temuan mereka ke jajaran pengawas pemilu mulai dari tingkat Desa, Kecamatan atau bahkan di Kabupaten.
    Minimal mencatat kejadiannya di mana dan melampirkan bukti fotonya Dengan demikian, Bawaslu sebagai pengawas pemilu akan terbantu dan tinggal menindaklanjuti temuan yang dilaporkan oleh pemilih pemula yang turut serta menjadi pengawas partisipatif.

    Senada dengan Fathi Haris Thalib, maka Ketua Kpu Buru, Munir Soamole juga mengatakan hal yang serupa.

    Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan tadi, Munir memaparkan pentahapan pemilu tahun 2019 yang sudah dilaksanakan KPU Buru.

    Kepada OKP, pemilih pemula, ia turut menitip pesan, agar mereka ikut mengkampanyekan kepada yang punya hak pilih supaya mau datang ke TPS tanggal 17 April nanti.

    "Kita berharap di pemilu kali ini angka partisipadi pemilih lebih baik dari pemilu sebelumnya.Target nasional 77 pesen. Saya berharap di Buru angka partisipadmsi lebih tinggi lagi," harap Munir. (KT/10)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bawaslu Libatkan OKP, Pemilih Pemula di Pengawasan Partisipatif Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top