• Headline News


    Wednesday, March 13, 2019

    Potensi Wisata Di SBT Sangat Besar



    Bula,  Kompastimur.com 
    DPRD menyorot masih besarnya potensi wisata di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang belum digarap maksimal. Padahal, setidakinya ada sekitar puluhan destinasi wisata di Kabupaten SBT dengan berbagai kelebihan masing-masing. Jika semua dikelola dengan bagus, jelas akan berdampak pada ekonomi masyarakat.

    Anggota DPRD Kabupaten SBT, Alimudin Kolatlena mengatakan, Kabupaten SBT memiliki banyak potensi wisata tapi belum dikelola dengan baik dan benar. Ia mencontohkan objek wisata yang ada di Tanjung Owan Negeri Kilkoda Kecamatan Gorom Timur , dan tempat wisata lainnya yang merupakan tempat yang indah di Kabupaten SBT yang belum dikelola secara optimal.

     “Destinasi wisata yang ada di Kabupaten SBT, belum di kelola dengan baik wisata. Padahal, wisata pantai di SBT itu sangat bagus contohnya objek wisata yang ada di tanjung Owan Negeri Kilkoda,” kata Kolatlena saat melakukan kunjunganya di pantai tersebut (12/03).

    Ia menambahkan, untuk itu, perlu promosi wisata bekerjasama dengan pihak swasta agar objek wisata bisa populer. Selain itu harus memanfaatkan media sosial agar bisa dikenal dengan cepat.

    “Di Kabupaten SBT ini ada sekitar puluhan destinasi wisata. Ini jumlah yang cukup banyak,” ujar tokoh muda Ita Wotu Nusa itu.

    Selama ini, ada kendala dalam pengelolaannya yakni masih minim ketersediaan angkutan/ moda transportasi ke tempat wisata itu. Pihaknya, berharap pemerintah daerah dapat mengatasi persoalan tersebut sehingga desa wisata bisa banyak dikunjungi wisatawan. Meski begitu, Kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa pun dapat berbangga karena saat ini Pulau Koon di Gorom menjadi destinasi wisata yang sudah di promosikan oleh WWF Indonesia.

    Kolatlena juga menambahkan, potensi desa wisata sangat besar. Baik wisata alam, maupun wisata buatan sudah mulai menyebar hampir di desa-desa di SBT.  Bahkan, banyak desa yang mulai memanfaatkan potensi desanya karena memiliki keuikan sendiri.

     “Banyaknya desa wisata ini harus dioptimalkan, agar bisa meningkatkan perekonomian warga,” kata Kolatlena.


    Senada dengan Kolatlena Muhammad Damin Rumatela Sekretaris GNPHI Korda Kabupaten  SBT menyampaikan di Kabupaten SBT selain memiliki sederetan pulau terindah, SBT juga memiliki aset pariwisata terbesar yakni Danau Soli, Tanjung Owan,  Pantai Keter dan spot wisata lainya.

    Relokasi area wisata seperti Danau Soli, Tanjung Owan diperlukan perhatian serius, mulai dari sarana hingga kebersihan, keamanan dan kenyamanannya sebagai lokasi wisata.

    Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Daerah SBT melalui Dinas Pariwisata dan dinas yang memiliki keterkaitan sudah harus berinovasi, sehingga SBT tidak harus kalah saing dengan Raja Ampat di Papua, Kuta Bali di Bali, Pantai Birra di Sulawesi Selatan, dan masih banyak lagi area wisata yang bisa dijadikan acuan.


    "Dinas Pariwisata dan dan dinas lain yang memiliki keterikatan sudah harus beinovasi sehingga SBT tidak kalah saing dengan Daerah wisata lainnya," harap Rumatella.
                                               
    Selain dari wisata pulau, pantai dan danau, ternyata SBT kaya dengan aset wisata, sebab daerah ini memiliki cagar budaya dari sisi sejarah tersendiri, memiliki adat, kesenian tradisional berupa tarian dan nyanyian tertentu (nagan).

    Dinas Pariwisata diharapkan tidak duduk di tempat, tapi harus melakukan banyak kerja lapangan terkait hal ini agar kedepan Kabupaten SBT sudah harus dikenal karena wisata dan budayanya. (KT/Baim)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Potensi Wisata Di SBT Sangat Besar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top