• Headline News


    Wednesday, March 20, 2019

    Kecam Caleg Bagi Seng, Semen dan Instalasi Listrik


    SBT, Kompastimur.com 
    Menjelang Pemilu yang jatuh pada tanggal 17 April mendatang, banyak Caleg diduga bagi-bagi seng-semen dan pemasangan Instalasi Listrik. Hal ini diungkapkan oleh Salah satu Pemuda SBT, Jamaludin Rumatiga kepada media ini, Senin (18/03) via telpon selulernya.

    Rumatiga menjelaskan, pembagian seng-semen dan Instalasi listrik oleh para oknum Calon Anggota Legislatif merupakan tindakan tak terpuji yang mencederai nilai-nilai demokrasi dan merusak citra dan marwah politik.
    Dirinya mencontohkan, salah satu caleg bersedia membantu beberapa masyarakat dikampungnya di Dusun Inlomin Desa Amarsikaru Kecamatan Pulau Gorom, untuk memasukan Instalasi Listrik ke rumah warga namun diserta dengan beberapa perjanjian, yakni para warga harus mencoblosnya pada tanggal 17 April nanti.

    “da oknum Caleg mau pasang Instalasi Listrik namun warga harus memilihnya. Ini kan tindakan tak terpuji serta merusak proses Demokrasi," kata Rumatiga.

    Selain itu, mantan Ketua HMI Cabang Seram Bagian Timur ini menambahkan, mestinya Bawaslu dan jajarannya, mulai dari Bawaslu Kabupaten, Panwascam dan PPL harus mengawal secara ketat proses demokrasi di daerah ini dengan baik, sehingga para oknum Caleg tak bermoral yang sering melakukan hal tersebut bisa diminimalisir.

    Selain itu, Bawaslu beserta jajarannya harus menelusuri setiap informasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat sesui perintah UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 105 tentang tugas Panwaslu Kecamatan, yaitu melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu huruf A poin ke 6 yaitu menginvestigasi informasi awal atas dugaan pelanggaran Pemilu di wilayah kecamatan dan Poin C yaitu mencegah terjadinya praktik politik uang di wilayah kecamatan.

    "Ketentuannya sudah jelas sehingga Panwaslu harus tegas terhadap para oknum Caleg yang bagi seng-semen dan instalasi listrik harus ditelusuri dan ditindak," ucapnya.

    Dirinya berharap, tindakan seperti ini mestinya harus diantisipasi alias pencegahan sehingga tidak dilakukan oleh yang lain.

    Sedangkan pantauan lansung Kompstimur.com di Kecamatan Pulau Gorom terlihat beberapa oknum Caleg yang membiayai pemasangan instalasi listrik, namun yang bersangkutan tidak turun secara lansung tetapi komunikasinya melalui para relawan dari yang bersangkutan. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kecam Caleg Bagi Seng, Semen dan Instalasi Listrik Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top