• Headline News


    Tuesday, March 5, 2019

    Bupati SBT Didesak Copot Kadis Pemdes


    SBT, Kompastimur.com 
    Ketua LSM Penjara Maluku, M. Alwi Rumadan mendesak Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas untuk mencopot Kepala Dinas Pemerintahan Desa (Pemdes) Kanupaten Seram Bagian Timur, Jafar Kwairumaratu beserta jajarannya karena diduga tidak melakukan monitoring pengelolaan Dana Desa di Kabupaten setempat.

    Hal ini diungkapkan oleh Rumadan kepada Kompastimur.com, Selasa (05/03) Via telpon selulernya.  

    Dirinya menjelaskan, hal ini terkuak saat sidang kasus dugaan Korupsi Dana Desa yang melibatkan beberpaa Kepala  Desa di SBT di Pengadilan Negeri Ambon.

    Kwairumaratu yang dihadirkan sebagai saksi dalam kasus ini terlihat bingung ketika ditanya oleh majelis Hakim terkait dengan monitoring pegelolaan Dana Desa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

    Lebih lanjut Rumadan menjelaskan, pada agenda sidang sebelumnya, para saksi telah menjelaskan, bahwa pihak Pemdes SBT yang dipimpin oleh Jafar Kwairumaratu ini tidak memonitoring pengelolaan Dana Desa pada Desa Loko Kecamatan Pulau Gorom, sehingga saat ditanya oleh Majelis Hakim dirinya tidak bisa menjawab, bahkan Hakim yang memimpin Sidang dengan spontan meminta Kwairumaratu untuk tidak perlu berbohong.

    "Sidang kasus pejabat Loko di PN Ambon, Majelis Hakim menanyakan kadis Pemdes SBT mengenai monotoring, Kadis bingung dan di lanjutkan oleh Hakim bahwa saudara saksi jangan bohong karena semua keterangan para saksi yang kita tanyakn pada sidang sebelumnya ternyata pihak Pemdes tidak pernah monotoring atau pengáwaln ke lapangan," kutip Rumadan.

    Untuk itu, dirinya menilai, Kepala Dinas Pemerintahan Desa (Pemdes) SBT tidak melaksanakan tugasnya sebagai Dinas teknis dengan baik, sehingga para Kepala Desa bekerja dengan leluasa yang berdampak pada dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan Dana Desa, semua ini akibat keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

    Mestinya, pihak Pemdes harus memonitor sehingga terdapat kesalahan dilapangan lansung dilakukan pembinaan.

    Untuk itu, Aktivis Gerakan ini mendesak Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, agar segera copot Jafar Kwairumaratu dari Jabatannya sebagai Kepala Pemdes SBT.

    "Harus monitor sehingga ada kesalahan lansung dilakukan perbaikan dan dibina. Saya mendesak Bupati SBT agar segera copot beliau dari Jabatannya. Jika ini dibiarkan maka kedepan lebih buruk lagi," tegasnya. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati SBT Didesak Copot Kadis Pemdes Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top