• Headline News


    Sunday, October 14, 2018

    Umassugi Luncurkan program Bupolo Clean Tourism



    Namlea, Kompastimur.com
    Bupati Buru Ramly Umassugi meluncurkan program Bupolo Clean Tourism yang berlangsung di Pantai Wisata Jikumarasa Kecamatan Liliali Kabupaten Buru, Sabtu (13/10/2018). Peluncuran program ini bertujuan untuk mewujudkan pariwisata Buru yang bersih dan nyaman.

    Kegiatan ini juga disertai pencangan bulan bakti bersih, destinasi dan gerak masyarakat peduli wisata yang ditandai dengan bersih pantai wisata di kabupaten setempat.


    Peluncuran Bupolo Clean Tourism ini merupakan sebuah inovasi dari Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Buru Istanto Setyahadi  sebagai upaya strategis berkelanjutan mewujudkan pariwisata Buru yang bersih dan nyaman.

     “Dengan Konsep Bupolo Clean Tourism ini,  merupakan strategi membangun wisata berbasis masyarakat. Dengan gagasan inovasi membuat Satgas peduli wisata yang didalamnya terdapat berbagai unsur yakni  pemerintah, TNI/Polri, OKP dan masyarakat tempat destinasi wisata berada,” kata Setyahadi.

    Menurut Setyahadi, tugasnya Satgas peduli wisata ini sebagai motor penggerak untuk  menciptakan destinasi wisata yang bersih dalam jangka pendek dan untuk jangka panjang seluruh destinasi di Kabupaten Buru menjadi  destinasi kelas internasional.

    Dirinya menjelaskan, sasaran program ini sendiri adalah merubah mineset dan pola masyarakat yang sering membuang sampah di pantai atau destinasi sehingga pantai menjadi bersih dan indah sehingga pantai dapat memberikan suasana yang nyaman.

    Setyahadi mengakui, kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan penyadaran kepada warga pentingnya menjaga pantai agar bersih.

    “Pantai yang bersih menjadi daya tarik bagi pengunjung, memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Jika orang terus datang ke pantai maka akan mendatangkan keuntungan ekonomi bagi warga.  untuk itu kami mengajak semua pihak untuk tidak membuang sampah di seberangan tempat,” tutur Setyahadi.

    Sementara Bupati Buru Ramly Umassugi dalam sambutannya sangat mengapresiasi program inovasi Kadispar Kabupaten Buru ini.

    Menurutnya program Bupolo Clean Tourism sejalan dengan program pemerintah pusat menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor penggerak ekonomi unggulan  negara.

    Umassugi mengatakan, salah satu daya tarik wisatawan berkunjung di suatu daerah adalah karena wisata pantainya.

    “Pantai harus bersih. Pantai yang bersih membuat pengunjung nyaman berada di pantai,” ucap Umassugi.

    Umassugi mencontohkan, Pantai Wisata di Bali tidak terlalu beda jauh indahnya dengan pantai wisata di Maluku. Namun lanjutnya yang membedakan adalah pantai wisata di Bali bersih, dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

    “Pantai-pantai wisata di Pulau Buru, dan Maluku juga harus bersih dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Program Bupolo clean tourism ini harus bisa menjawab itu, harus bisa merubah mineset dan pola masyarakat agar peduli terhadap kebersihan, menjadi masyarakat yang sadar wisata,” kata Umassugi.

    Umassugi mengatakan biota laut di sekitar Pantai wisata Jikumarasa sangat bagus. Salah satu yang membuat wisatawan datang ke pantai wisata adalah keindahan taman bawah lautnya.

    “Harus kita jaga keindahan dan kebersihan pantai serta lautnya. Warga harus memiliki kesadaran tentang wisata. Kalau wisatawan terus datang di pantai warga juga yang mendapatkan keuntungan ekonomi,” ujarnya.

    Hadir dalam peluncuran program ini, Ketua DPRD Buru, Ikhsan Tinggapi, Kapolres Buru AKBP Aditya B Satrio, Sekda Buru Ahmad Assagaff serta ratusan aparat sipil negara, aparat TNI/Polri dan warga sipil.

    Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian untuk memperingati HUT Kabupaten Buru ke 19 dan Festival Pesona Bupolo ke III. (KT/11)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Umassugi Luncurkan program Bupolo Clean Tourism Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top