• Headline News


    Saturday, October 27, 2018

    Aparat TNI/Polri Lakukan Penyisiran dan Pembongkaran Tenda Milik Penambang



    Piru, Kompastimur.com 
    Gabungan TNI/Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres SBB AKBP Agus Setiawan melakukan penyisiran dan pembongkaran bescam atau tenda - tenda milik para penambang cinabar yang berada di gunung tembaga ( Hatu Tembaga) Desa Luhu Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku. (Jumaat 26/10/2018)

    Turut dalam penyisiran itu, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten SBB Alfin Tuasun, Danki Brimob Kompi 2 Batalyon B Iptu Supriyadi, Kasat Sabhara AKP J de fretes, Kabag Ops AKP Akmil Djapa, Kasat Instel Polres SBB Iptu M. Wenno, KBO Intel, Kapolsek Huamual Ipda Rahmat Ramdani, Perwakilan Koramil Piru Pelda Sadarudin Ikro dan Kasatpol PP Lutfi Hehanussa


    Sebelum dilakukan penyisiran dan pembongkaran tenda-tenda milik para penambang terlebih dahulu dilaksanakan Apel pengecekan personi di jalan lintas gunung hatu tembaga yang di ambil alih oleh Kapolres SBB dilanjutkan dengan pengarahan yang sampaikan oleh Dir reskrimum Polda Maluku  Kombes Pol Firman Nenggolan.

    Kombes Pol Firman Nenggolan mengatakan, hari ini kita mendapat perintah dari atasan kita untuk melaksanakan penyisiran sejaligus pembongkaran kem-kem atau tenda-tanda masyarakat yang melaksanakan aktifitas menambang di gunung Hatu tembaga.

    “Beberapa minggu yang lalu aparat kemanan dan Pemda Kab. Buru bergandengan tangan untuk melaksanakan penyisiran para penambang yang masih melaksanakan aktifitas menambang di gunung Botak, dan hari ini giliran kita untuk melaksanakan penyisiran di gunung hatu tembaga," ungkapnya.

    Lanjutnya, tujuan kita melaksanakan kegiatan ini untuk menghentikan peredaran Batu Cinabar dan sekaligus  pemutusan rantai bahan baku merkuri dan air raksa yang beredar di wilayah P. Buru dan wilayah - wilayah lainya.


    “Kita harus mencegah dan melarang keras para penambang untuk tidak melaksanakan penambangan atau pengolahan batu cinabar karena dapat mengganggu dan merusak lingkungan yang dapat berakibat fatal pada keturunan kita nantinya" katanya.

    Pihak Aparat Lakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat Penambang Batu Cinabar
    Kegiatan penyisirian dan pembongkaran Kem-kem atau tenda-tenda milik penambang batu sinabar dan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada masyarakat penambang batu sinabar -+70 orang di Kompleks Luhuo Desa Iha Kecamatan Hauamual Kabupaten SBB yang di pimpin oleh Dirkrimsus Polda Maluku kembali mengingatkan


    “Kami datang kesini dalam rangka kegiatan kemanusian untuk menghimbau bahwa jangan melaksnakan penambangan lagi diatas dan disekitar Gunung Hatu tembaga,”

    Batu cinabar merupakan bahan baku merkuri untuk itu pemrintah melarang untuk melaksanakan penambangan batu sinabar.
    “Yang namanya tambang batu cinabar pemerintah melarangnya bukan hanya di desa Luhu dan Desa Iha tapi di seluruh wilyah Indonesia bahkan seluruh dunia karena bahayanya merkuri tersebut.

    Nenggolan Menghimbau kepada masyarakat pendatang yang hanya mengharapkan hasil dari batu sinabar untuk segera kembali ke daerah asal masing - masing dan masyarakat yang asli disini untuk tidak melaksanakan aktivitas di tambang batu cinabar.

    “Bagi masyarakat yang kedapatan melaksanakan penambangan dan pengumpul hasil batu cinabar secara diam2 maka akan diproses secara hukum yang berlaku,” tegasnya. (KT/MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Aparat TNI/Polri Lakukan Penyisiran dan Pembongkaran Tenda Milik Penambang Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top