• Headline News


    Tuesday, September 18, 2018

    Wao…! Dana Desa Dulak Diduga Bermasalah



    SBT, Kompastimur.com
    Dugaan korupsi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD dan ADD) kembali terjadi di Negeri Administratif Dulak Kecamatan Pulau Goerom, Kabupaten Seram Bagian Timur. Hal ini diungkapkan oleh salah satu warga Dulak yang enggang namanya dipublikasikan kepada media ini, Minggu (16/9) via telpon selulernya.

    Sumber ini menegaskan, pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa oleh penjabat desa yang diketahui bernama Efendy Rumagia melenceng jauh dari petunjuk pengelolaan dana desa, karena yang bersangkutan mengelola anggaran tersebut secara sendiri-sendiri, sehingga para perangkat desa tak mengetahuinya, sehingga patut dipertanyakan.

    "Jangankan masyarakat, perangkat desa saja tidak tau. Kepala Desa ator sendiri. Penyerahan uang dari hanya secara simbolis saja setelah itu diambil kembali oleh penjabat," kata Sumber ini.

    Selain itu, Anggaran yang diperuntukkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) telah dinanti-nantikan oleh warga Desa setempat, namun BUMDES tidak terwujud tanpa alasan yang jelas. Belakangan diketahui, pagu anggaran yang telah dialokasikan untuk  BUMDES senilai Rp.120,000,000 telah dialihak ke pengadaan dua unit lomboat tanpa spengetahuan masyarakat termasuk para perangkat desa, namun sampai saat ini lomboat hasil revisi dari angaran BUMDES tersebut belum juga ada.

    "Katanya dana BUMDES dialihkan untuk dua spit tetapi sampai saat ini belum ada. Revisi itu jua katong (Kami) seng (tidak) tahu, semuanya diatur oleh pejabat,"Vkatanya.

    dirinya merasa aneh dengan sikap yang diambil oleh penjabat desa ini, kecurigaannya muncul karena penjabat desa dulak telah selesai melakukan proses pencairan dana desa tahap pertama tahun 2018, sedangkan dana desa dicairkan ketika laporan pertanggung jawaban pada tahapan sebelumnya atau tahun anggaran sebelumnya dinyatakan lengkap.

    "Aneh karena spit belum ada tetapi su cair DD 2018, berarti LPJ pengelolaan Dana Desa 2017 telah selesai. Ini kan lucu jadi ada yang tidak beres,"Vucap Sumber ini.

    Penjabat Negeri Administratif Dulak, Efendy Rumagia yang dikonfirmasi via telpon selulernya tidak berhasil dihubungi karena nomornya tidak aktif, dan juga pesan singkat (SMS) namun tidak direspon oleh yang bersangkutan. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wao…! Dana Desa Dulak Diduga Bermasalah Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top