• Headline News


    Thursday, August 30, 2018

    Soumokil Buka Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu Tahun 2018



    Namrole, Kompastimur.com
    Dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dibidang layanan sosial dasar, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu.

    Kegiatan yang berlangsung, Rabu (29/08) di aula Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tersebut di buka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bursel, Alfario Soumokil.

    Soumokil saat membacakan sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa mengatakan pertemuan ini dipandang sangat penting dan strategis, selain sebagai momentum untuk melakukan penyesuaian hal-hal yang sangat pokok juga memiliki urgensi mendasar dalam perumusan kebijakan maupun teknis operasional yang berkaitan dengan kelembagaan Pokjanal Posyandu, serta penyesuaian terhadap perubahan perundang-undangan dan system pemerintahan yang berlaku.

    “Tujuan Posyandu adalah memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi,” kata Soumokil.
    Disamping itu, Strategi operasional pemeliharaan dan perawatan kesejahteraan ibu dan anak secara dini dapat dilakukan setiap program Posyandu.

    Dirinya mencontohkan, untuk mengatasi masalah anak gagal tumbuh (Stunting) tidak hanya dari sisi situasi atau makanan yang diberikan kepada Balita tetapi perlu juga menciptakan lingkungan yang sehat dengan dukungan Sanitasi yang baik guna meningkatkan status Gizi serta mendorong penurunan Stunting di Kabupaten Bursel.

    “Posyandu merupakan wahana pelayanan dari berbagai program, maka penyelenggaraan Posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten,” ujarnya.

    Kelompok Kerja Operasional Posyandu atau POKJANAL POSYANDU menurutnya merupakan kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan, penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Desa.

    Dimana Anggota Pokjanal Posyandu di Provinsi sebagai unsur Pembina diharapkan lebih aktif berperan dalam rangka revitalisasi fungsi Posyandu sehingga dapat meningkatkan motivasi bagi masyarakat yang ada di Kabupaten bertajuk Lolik Lalen Fedak Fena ini.

    Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat melalui penguatan kelembagaan, mantan Kabag Hukum Setda Bursel ini katakan, telah dilakukan berbagai upaya oleh pemerintah melalui Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal), pembinaan Posyandu.

    “Kondisi ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh pendukung pelaksana mulai dari tatanan Pokjanal sampai tingkat implementasi di masyarakat yang dilaksanakan oleh kader Posyandu,” paparnya.

    Sebagai pusat pelayanan dan pusat kegiatan masyarakat, Soumokil menginginkan, dalam kegiatan Posyandu masyarakat harus berperan sebagai pelaksana sekaligus pihak yang memperoleh pelayanan kesehatan sehingga diharapkan masyarakat itu berusaha untuk dapat menganalisis masalah kesehatan sendiri.

    “Dalam kegiatan Posyandu sebagai pusat pelayanan dan pusat kegiatan masyarakat tidak terlepas dari peran serta masyarakat, petugas kesehatan serta sektor-sektor lain yang terkait dalam membantu melayani keluhan-keluhan masyarakat di lingkungannya. Upaya meningkatkan kemandirian Posyandu, perlu kerjasama yang dinamis dan produktif yang melibatkan semua sektor terkait baik itu pemerintah maupun swasta serta masyarakat,” ucapnya.

    Menutup sambutannya, dirinya berharap dengan dilakukannya kegiatan rapat Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu tahun 2018 dapat meningkatkan mutu pelayanan dasar masyarakat melalui program-program yang berdaya guna.

    “Semoga Pokjanal Posyandu mampu memfasilitasi pelaksanaan Posyandu secara berkesinambungan dalam pembinaan dan pengembangannya dengan pendekatan akses layanan dan pelayananan sosial dasar masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya,” tutup Soumokil. (KT-02)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soumokil Buka Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu Tahun 2018 Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top