• Headline News


    Tuesday, July 10, 2018

    Speedboat Tujuan Namlea Tenggelam, 1 Tewas




    Namlea, Kompastimur.com
    Speedboat Pela Permai II yang mengangkut 47 penumpang, ditambah  nakhoda dan dua abk, tenggelam di Tanjung Kayu putih. Sebanyak 49 orang dilaporkan selamat, dan satu penumpang bernama La Maitindo ditemukan dalam keadaan tewas.

    Sebelum terbalik speedboat Pela Permai II yang mengalami nasib naas itu dalam perjalanan dari Dusun Namsugi, Desa Ilath dengan tujuan Namlea. Spedboat berangkat menerjang ombak laut timur yang lagi mengganas itu pada pukul 07.00 wit, Selasa pagi (10/7) dan dinakhodai Azis Bessy  dibantu dua ABK, Ka Arif dan La Ipin.

    Sekitar pukul 09.00 Wit, saat posisi speedboat berada di tengah Tanjung Kayu Putih, antara Desa Batujungku dan Desa Pela, tiba-tiba saja oleng dan terbalik, sehingga 50 penumpang, termasuk nakhoda dan ABK terjun ke laut.

    Kepala Desa Batujungku, Saleh Siompo menuturkan, kejadian naas itu disaksikan warganya di tepi pantai. Kemudian beberapa longboat penangkap ikan dikerahkan untuk membantu dan mengevakuasi korban ke pantai Desa Pela.

    “Bantuan longboat dari desa Pela juga ikut datang membantu.Seluruhnya dievakuasi ke Pantai Pela, karena dalam rombongan ini ada terdapat Jemaah Calon Haji dan keluarga yang hendak ke Namlea untuk menunaikan rukun Iman berhaji ke Tanah Suci Mekkah,"tutur kades Batujungku.

    Kades Batujungku menambahkan, lokasi tenggelam speedboat Pela Permai II ini akibat ganas ombaknya di musim Timur. Sehingga warga di desanya, lebih memilih jalan darat ke desa Pela baru lanjut ke Namlea menyeberangi laut.

    Bahkan pernah di malam hari menjelang subuh dini hari, di Tanjung Kayu Putih ini pernah mengalami beberapa kali kejadian aneh. Pernah beberapa kali ada kapal yang karam di sana.

    "Ada kapal perang, bahkan kapal penumpang yang kandas di sana. Nakhoda kapal tanpa sadar mengarahkan kapalnya di sana karena melihat lokasi tersebut menyerupai kota dan ada dermaga laut," beber kades Batujungku.

    Sementara beberapa saksi mata yang berhasil dihubungi mengisahkan, setelah dievakuasi ke Pantai Desa Pela dan didata penumpang yang selamat, baru diketahui ada satu penumpang yang hilang atas nama La Maitindo.

    Tim SAR dan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buru dan dari Polres Pulau Buru juga ikut terjun ke TKP guna melakukan pencarian.

    Setelah dicari selama beberapa jam, akhirnya korban yang hilang ini ditemukan sudah dalam keadaan tewas terapung di atas air beberapa kilometer dari likasi musibah.


    " Korban selamat sudah di evakuasi, termasuk korban meninggal telah dievakuasi ke kota Namlea," jelas Kepala BPBD Kabupaten Buru, Ir Hadi Zulkarnaen.

    Hadi menyatakan rasa dukacita mendalam atas musibah ini. Ia juga meminta warga di Kecamatan Batabual agar tetap berhati-hati dan lebih mementingkan keselematan diri dengan tidak bebepergian lewat laut dalam kondisi betombak besar. (KT-10)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Speedboat Tujuan Namlea Tenggelam, 1 Tewas Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top