• Headline News


    Monday, June 25, 2018

    Panwascam Huamual Ajak Semua Stakeholder Awasi Netralitas Pilgub



    Piru, Kompastimur.com 
    H-2 memasuki pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Maluku yang dilaksanakan pada hari Rabu (27/6) ini menjadi tanggung jawab para penyelenggara untuk mengawasi netralitas TNi/ Polri dan peserta pemilih pada pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur tanggal 27 Juni 2018 yang hanya tertinggal 2 hari saja.

    Rilis yang diterima Kompastimur.com, Senin (25/6) berisikan instruksi yang disampikan Abdhan Tuhuteru, Ketua Panwaslu Kecamata Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) untuk Pengawas Desa dan Pengawas TPS agar Melakukan Pengawasan yang melekat serta menjaga dan Mengawasi Netralitas TNI/POLRI, ASN hingga Pihak Penyelenggara dan Para Peserta Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Maluku.

    “Tahapan Pilgub Maluku, sudah masuk tahapan masa tenang, dimana akan memasuki puncak Pilgub serentak 27 Juni 2018 terhitung mulai dari hari ini tinggal 2 hari lagi kita akan memilih pemimpin maluku 5 tahun ke depan. Pada masa inilah, masa yang sangat krusial dan riskan terhadap berbagai operasi oleh Tim Paslon dalam mempengaruhi Pemilih sampai tanggal 27 Juni besok nanti,” kata Tuhuteru.

    Olehnya itu, kami menghimbau kepada seluruh Pengawas se- Kecamatan Huamual Belakang mulai dari Tingkat Desa sampai d tingkat TPS bersama stekholder di wilayah kecamatan ini untuk bisa serius menjaga Netralitas sebagaimana amanah perundang-undangan yang berlaku.

    “Undang-undang sudah jelas, yakni UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada), UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) dan UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Peran dan Fungsi Kepolisian Republik Indonesia (UU Polri),” ujarnya.

    Sebagaimana kita ketahui Indeks Kerawanan Pilkada (IPK) 2018, yang di rilis Bawaslu merupakan Warning bagi semua stekholder untuk bisa mengantisipasi kerawanan Pilkada Maluku 2018.

    Berdasarkan kondisi tersebut, Panwaslu Kecamatan Huamual Belakang. Menyampaikan sikap sebagai berikut

    1. Mendesak seluruh Stekholder yang terkait MOU Satgas Nusantara, yang telah berkomitmen menjaga Netralitas ASN dan TNI/POLRI untuk tetap menjaga komitmen Netralitasnya pada Pilkada Maluku 27 Juni 2018.

    2. Mengintrusikan Pengawas Dintingkat Desa sampai ditingkat Pengawas TPS , untuk tegas mengawasi Netralitas ASN dan TNI POLRI dalam Pilkada Maluku terutama pada Masa tenang sampai Hari H pemungutan suara.

    3.Meminta PPK Huamual Belakang dan Seluruh Jajarannya Untuk mengintruksikan kepada seluruh jajarannya, agar bekerja sesuai ketentuan Undang-undang dan peraturan yang berlaku serta bersikap adil terhadap seluruh kandidat.

    4.Menghimbau dan mengajak Civil society  dan masyarakat untuk ikut mengawasi Netralitas ASN dan TNI/POLRI serta penyelanggara baik KPU maupun Jajarannya di tingkat bawah. Serta berani melaporkan dugaan Pelanggaran Pilkada Ke Bawaslu Provinsi atau Panwaslu terdekat.

    5.Mendesak seluruh Paslon, Tim dan Pendukung untuk berkompetisi secara sehat, tidak menyebarkan berita Hoax, Black Campain, Isu SARA dan Money Politik pada Pilkada Maluku 2018.

     6. Menghimbau kepada Masyarakat/Pemilih untuk menentukan pilihannya secara Mandiri, bebas dr intervensi apapun. Agar kita bisa wujudkan Demokrasi Yang benar benar Luber-Jurdil di Kecamatan ini.

    Karna sesungguhnya Pemilihan yang sukses bukan dilihat dari proses yang aman dan lancar tapi Pemilihan yang berkualitas dan Berprestasi itulah yang di harapkan oleh Bangsa dan Negara ini. (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Panwascam Huamual Ajak Semua Stakeholder Awasi Netralitas Pilgub Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top