• Headline News

    Monday, April 30, 2018

    Terancam Tak Memilih, Disdukcapil SBT Segera Sikapi


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    SBT, Kompastimur.com 
    Warga Desa Keta, Kecamatan Lianfitu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) banyak yang tidak memiliki E-KTP. Hal ini keluhkan oleh salah satu Pemuda Keta, Faris Rumain Saat penjaringan aspirasi Masyarakat yang dilakukan oleh salah satu Anggota DPRD SBT, pada Sabtu (28/4) di Keta.

    Rumain menjelaskan, banyak Masyarakat di Desa tersebut tidak memiliki E-KTP sehingga dirinya berharap, pihak disdukcapil SBT segera melakukan perekaman di Desa tersebut, karena selain dari identitas Penduduk, E-KTP dan Surat keterangan(Suket) juga sebagai syarat saat melakukan pencoblosan pada Pemilihan Gubernur, sehingga ini tidak dijalankan maka akan berdampak ke Masyarakat saat menentukan pilihannya pada Pemilihan Gubernur Tahun 2018 ini. 

    "Kami berharap Disdukcapil SBT segera melakukan perekaman terhadap Masyarakat Desa Keta yang belum memiliki E-KTP atau Suket,"Harapnya.

    Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Dusun Danama, Desa Danama, M. Yasin Zubaidy. Dirinya mengungkapkan, Masyarakat yang ada di Dusunnya banyak yang tidak memiliki E-KTP sehingga Ratusan Masyarakat terancam tidak bisa menggunakan Hak pilihnya sebagai warga Negara pada Pilgub Maluku 2018. 

    "Disini banyak yang seng (tidak) punya KTP, kalau dong (mereka) seng (tidak) coblos berarti dong (mereka) bukan warga Negara Indonesia," ucap Zubaidy dengan Nada kesal.

    Lebih lanjut Zubaidy menambahkan, perkaman E-KTP pernah dilakukan beberapa tahun lalu, namun sebagian warga yang telah melakukan perekaman tersebut tidak mendapatkan E-KTP, sehingga dirinya berharap, pihak Disdukcapil SBT segera melakukan perekaman terhadap warga yang telah memenuhi syarat E-KTP sehingga Ratusan warga Masyarakat Danama tidak terancam hak Demokrasinya hilang saat pemilihan Gubernur nanti.

    "Beta (Saya) harap, pihak Disdukcapil segera lakukan perekaman, kalau seng (tidak) maka ratusan Masyarakat disini kehilangan Hak pilih," katanya dan diiyakan oleh beberapa warga yang sempat berada di sampingnya.

    Sampai berita ini dipublikasikan, kepala Disdukcapil SBT, Sidik Rumalowak belum dapat dikonfirmasikan terkait dengan keluhan dan harapan warga tersebut. (KT-FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Terancam Tak Memilih, Disdukcapil SBT Segera Sikapi Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top