• Headline News


    Monday, February 19, 2018

    Ternyata Ini Penyebab PBB Tidak Lolos Verfak KPU



    Manokwari, Kompastimur.com 
    Ketua Dewan Pimpinan Pusat DPP Partai Bulan Bintang PBB akan meminta Badan Pengawas Pemilu agar memediasi dengan KPU terkait persoalan partainya di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel).

    " Sebab tidak lolosnya PBB di Kabupaten Mansel karena anggota PBB kurang enam orang. Keenam orang ini datang terlambat ke KPU,  surat panggilan untuk mereka tak kunjung diterima," kata Yusril saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsaap Sabtu (17/2/2018)

    Lanjut kata dia,  seluruh Kabupaten/Kota di tanah air kita lolos verifikasi,  kecuali satu,  Kabupaten Manokwari Selatan Papua Barat Katanya. 

    Yusril mengklaim Anggota Parpol di Manokwari Selatan mereka tinggal jauh di pegunungan Papua Barat  dan harus berjalan kaki ke kabupaten Ibu Kota Ransiki  sehingga mereka terlambat, hal ini menjadi alasan KPU setempat menyatakan PBB tidak lolos. 

    " Tidak lolos di satu kabupaten di Papua ini menyebabkan PBB tidak bisa ikut Pemilu 2018, saya sudah menjelaskan kesulitan transportasi dan komunikasi di Mansel namun KPU tetap menolak hal itu "

    Yusril meminta KPU jangan  menganggap Papua itu seperti Jakarta atau Pulau Jawa. Sebenarnya semua partai mengalami hal yang sama di Papua, tapi PBB dari dulu selalu dipersulit untuk ikut Pemilu

    Lanjut dia mengatakan, masa gara-gara enam orang anggota PBB di Manokwari Selatan datang terlambat ke KPU untuk diverifikasi, secara nasional PBB jadi tidak bisa ikut Pemilu. Ini benar-benar keterlaluan,” kata Yusril.

    Yusril menjelaskan, sesuai prosedur, PBB harus mengajukan sengketa ke Bawaslu dalam waktu tiga hari kerja, sampai hari Rabu mendatang. Namun PBB akan mempercepat pengajuan sengketa itu hari Senin (19/2/2018) mendatang. 

    " Kami berharap Bawaslu bisa memediasi PBB dengan KPU agar persoalan Manokwari Selatan ini dapat diselesaikan dengan bijak. Saya tidak ingin melawan KPU hingga hancur-hancuran di pengadilan seperti pengalaman Pemilu 2014. Tapi kalau terpaksa, apa boleh buat, saya akan lakukan,” Tegas Yusril.

    Yusril juga meminta kepada segenap anggota dan pendukung PBB untuk tenang menunggu penyelesaian melalui mediasi dengan KPU. 

    “Semua kegiatan partai dan persiapan Pemilu harus tetap berjalan, jangan terganggu dengan sengketa ini. Insya Allah DPP PBB akan dapat menyelesaikan masalah di Manokwari Selatan ini, sehingga PBB akan ikut dalam Pemilu 2019”. Jelasnya.  (KT-ARA

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ternyata Ini Penyebab PBB Tidak Lolos Verfak KPU Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top