• Headline News


    Tuesday, February 20, 2018

    Oknum Guru Di Sorsel Terjaring OTT Saat Mengaku Sebagai Auditor BPK




    Manokwari, Kompastimur.com
    Antonius Laba Pria (39 tahun) yang diketahui keseharian sebagai Guru di salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Sorong Selatan terpaksa berurusan dengan pihak berwajib lantaran mengaku sebagai Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  yang akan mengaudit keuangan dana desa. 

    Aksi Antonius di ketahui saat hendak menemui korban Yusy Atanay bendahara kampung Namro, mereka sudah membuat janji di depan toko Rahayu Kampung Remit Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan

    " Atas informasi yang di terima Satuan Reskrim Polres Sorsel Antonius terjaring Operasi tangkap tangan di depan toko yang sebelumnya dijanjikan untuk bertemu dengan korban Minggu (18/2)  " Kata Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP. Hari Supriyono Senin (19/2)

    Lanjut kata Supriyono sehari sebelum penangkapan, Pelaku antonius menghubungi korban kemudian keduanya bertemu di salah satu rumah makan, dalam pertemuan itu Antonius mengaku sebagai Auditor BPK dan akan melakukan pemeriksaan keuangan

    " Dia Pelaku mengaku sesuai hasil audit keuangan kampung Namro terdapat temuan di Tahun 2016 sekitar Rp 112 juta sehingga dia memberikan pilihan pengembalian kepada korban berkisar 1/2 hingga 1/4 dari temuan tersebut kepada dirinya " Kata Kabid Humas

    Selanjutnya kedua pelaku dan korban bersepakat untuk bertemu pada besok hari (Minggu red)  untuk melakukan transaksi atau penyerahan uang dengan kesanggupan korban hanya memberi Rp 15 juta nilai tersebut di bawah permintaan pelaku yakni sebesar Rp 28 juta. 

    " Bendahara kampung setelah bersepakat dengan pelaku lalu dia menghubungi Anggota Babinkamtibmas, kemudian selanjutnya ada kordinasi juga dengan Kasat Reskrim Sorsel,  saat hendak dilakukan transaksi kemudian salah satu anggota Polres mendekati korban dan menagkap basah pelaku." Tuturnya

    Dari tangan Oknum Guru itu ditemukan barang bukti uang Rp 14,4 juta hasil penipuan yang dilakukan di kampung Namro beserta kwitansi  sementara Rp 1.050 hasil dari Kampung Mugim serta sejumlah barang bukti lain berupa Id card Intelijen BPK,  ATM dan buku tabungan bank papua dan sepeda motor serta HP milik pelaku. 

    " Setelah diamankan pelaku kemudia. Dilakukan Laporan Polisi dan dia di periksa oleh penyidik,  dari hasil pemeriksaan ternyata ada juga dua kampung yang menjadi korban yakni Kampung Keyen dan Kampung Tegirolo Kabupaten Sorsel " Kata Hari Supriyono. 

    Aksi Oknum Guru ini dianggap sebagai pungutan liar sehingga di proses oleh tim saber pungli Kabupaten Sorong Selatan. (KT-ARA) 


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Oknum Guru Di Sorsel Terjaring OTT Saat Mengaku Sebagai Auditor BPK Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top