• Headline News


    Saturday, February 3, 2018

    Bahas UNBK, Komisi II Akan Undang Disdik Kota Ambon


    Ambon, Kompastimur.com
    Pihak dinas pendidikan (DISIK) Kota Ambon akan di undang oleh Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon guna membahas segala persiapan mengenai Ujian Nasional Berbasis Komputerisasi.

    Rencana pertemuan ini dilakukan dalam rangka tindaklanjut komisi II terhadap pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sedianya akan dilakukan pada beberapa sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di kota Ambon.

    "Terkait persiapan UNBK yang akan dilaksanakan di beberapa SMP di kota Ambon, Komisi II akan mengundang Dinas Pendidikan Kota Ambon dalam rangka membahas kesiapan itu," kata Jhon Mainake, Ketua Komisi II kepada wartawan di ruang komisi II, Jumat (02/02/2018).

    Dijelaskan Mainake, rencana untuk melakukan rapat bersama dengan Disdik Kota Ambon itu memang sudah diagendakan oleh komisi II, namun saat ini seluruh anggota DPRD termasuk komisi II sedang menjelani masa reses, sehingga direncanakan rapat akan dilakukan setelah agenda reses  Anggota DPRD telah selesai.

    "Untuk pelaksanaan UNBK di beberapa SMP di kota Ambon ini, akan kita lakukan rapat bersama dinas pendidikan untuk membahas soal kesiapan UNBK itu. Kita sebelumnya telah mengagendakannya, namun karena bertepatan dengan masa reses yang sementara berjalan dan juga kegiatan peningkatan kapasitas oleh Komisi, maka setelah itu baru komisi akan segera mengundang Dinas Pendidikan untuk membahas persoalan dimaksud," jelasnya.

    Dirinya mengaku, komisi II saat ini kan baru, artinya bahwa setelah dilakukan rolling alat kelengkapan DPRD, seluruh anggota komisi II ini baru, sementara hanya ada 1 anggota saja yang merupakan anggota komisi II para tahun sebelumnya. Jadi menyangkut dengan pelaksanaan UNBK pada tahun sebelumnya, belum ada gambaran bagi komisi II yang baru ini.

     "hingga saat ini juga belum ada informasi kepada komisi II yang baru ini terkait pelaksanaan UNBK. Komisi baru mendapat gambaran setelah melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan terkait pelaksanaan UNBK. Sehingga akan dilakukan rapat kerja bersama Dinas terkait untuk bisa menjadi bagian dari pengawasan kami di komisi," ujarnya.

    Ditanya soal alokasi anggaran untuk Dinas Pendidikan sebesar 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan nominal senilai Rp. 90 miliar untuk peningkatan kapasitas dan sebagainya, John menambahkan, alokasi anggaran senilai Rp. 90 miliar untuk Dinas Pendidikan itu bukan seutuhnya untuk peningkatan kapasitas penyelenggara. Oleh karena itu, komisi II juga akan intens dalam mengawasi pelaksanaan kegiatan dan program di Dinas Pendidikan ini. Karena, telah menyerap anggaran yang besar senilai Rp. 90 miliar.


    "Dalam rapat perdana komisi II ada satu kesepakatan untuk nantinya komisi lebih intens melakukan peninjauan atau pengawasan di Dinas Pendidikan, karena pelaksanaan kegiatan di Dinas ini banyak sekali, sehingga kalau tidak disikapi dengan peninjauan pengawasan yang intens, berarti bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan," tambahnya. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahas UNBK, Komisi II Akan Undang Disdik Kota Ambon Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top