• Headline News


    Tuesday, November 21, 2017

    Uniqbu Jadi Kebanggaan Masyarakat Buru


    Namlea, Kompastimur.com
    Rektor Universitas Iqra Buru (Uniqbu), Muhammad Mukaddar SAg MApd, bertekad menjadikan perguruan tinggi yang dipimpinnya itu menjadi kebanggaran masyarakat Buru.

    Hal itu diungkapkannya di hadapan civitas akademika Uniqbu saat melantik dan mengambil sumpah Purek I dan beberapa pejabat di lingkup universitas pada Selasa siang (21/11).

    Dalam sambutannya, ia terus mengingatkan civitas akademika agar giat membaca sesuai dengan nama dari universitas itu, Iqra yg artinya membaca.

    Kepada para pembantu rektor dan para dekan, ia instruksikan agar memanfaatkan waktu perkuliahan di kampus efektif mulai dari pagi hingga sore hari.

    Sedangkan pada hari Sabtu. dimanfaatkan khusus bagi aktifitas pengembangan bakat dan kreasi mahasiswa serta dosen. Baik itu dalam hal karya ilmiah, dan di bidang olahraga.

    Terkait dengan gerakan membaca, ia pesankan, agar Uniqbu wajib menjadi pelopor.

    Pada hari setiap Sabtu, mahasiswa dilatih pula teknik menguasai otak kanan. Dilanjutkan dengan teknik membaca cepat dan cerdas.

    Rektor juga mengadopsi sistim arisan di Amerika, yakni arisan baca. Modelnya seperti apa? ia belum mau mengungkapnya. "Masuk dahulu di atisan baca, nanti tahu sendiri,"kata Mukaddar.

    Terkait dengan teknik membaca cepat ini  akui dia, sudah ada permintaan dari Kepala Bappeda Buru, Najib Hentihu SP MSI dan Ketua DPRD, Iksan Tinggapy SH agar segera terlaksana di dua intansi itu.

    Namun hingga kini Mukaddar masih fokus di kalangan magasiswa Uniqbu.  Para mahasiswa ini yang menjadi penggerak dan motor utama gerakan membaca cepat dan cerdas hingga ke desa-desa.

    Khusus kepada dosen dan pengelola universitas, Mukaddar juga mengingatkan adanya mou yang telah ditandatangani dan akan ditandatangani dengan pemerintah.

    Para dosen dan pengelola uniqbu harus terus bergerak cepat, sehingga keinginan menjadikan universitas ini  kebanggaan masyarakat Buru segera terpenuhi.

    Sementara itu Ketua Yayasan Iqra Buru, Yunan Tukuboya dalam sambutannya, menyambut baik gagasan dari rektor Uniqbu menjadikan perguruan tinggi itu menjadi kebanggaan masyarakat Buru khususnya dan Maluku pada umumnya.

    Ia turut menyentil perjuangan meningkatkan akreditasi Uniqbu,  sehingga dibutuhkan loyalitas dan semangat kerja yang tinggi dari para penyelenggara universitas, termasuk pula para dosen. (KT-10)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Uniqbu Jadi Kebanggaan Masyarakat Buru Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top