• Headline News


    Sunday, October 22, 2017

    Mencari Atlet Mudah Mamuju Dalam Ajang Gala Desa


    Mamuju, Kompastimur.com
    Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat akan meningkatkan pencarian atlet berbakat dari seluruh desa di daerah itu melalui Gala Desa, Sabtu (21/10/2017).

    "Gala Desa ini tentu adalah kabar gembira bagi kita semua yang ada di daerah khususnya di pedesaan. Saya yakin masih terlalu banyak potensi atlet hebat yang tersembunyi di desa-desa yang selama ini luput dari perhatian kita semua," kata Asisten III bidang Administrasi Umum Sekterariat Kabupaten Mamuju, Tonga, pada pembukaan Gala Desa di Stadion Manakarra.

    Ia mengatakan, turnamen Gala Desa yang merupakan salah satu program `Ayo Olah Raga` dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, hanya di laksanakan di tiga kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, yakni di Kabupaten Mamuju, Majene dan Kabupaten Mamuju Utara.

    "Ini merupakan sebuah kebanggan bagi masyarakat Kabupaten Mamuju yang berkesempatan melaksanakan turnamen Gala Desa karena di Sulawesi Barat hanya tiga kabupaten yang menggelar turnamen tersebut," ujar Tonga.

    Program tersebut tambah ia, juga sekaligus sebuah bentuk nyata penjabaran sembilan agenda prioritas pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam Nawacita, dimana pembangunan harus dimulai dari pinggiran.

    "Pembangunan yang dimaksudkan tentu tidak hanya infrastruktur namun juga menyisir semua sendi kehidupan termasuk olah raga yang merupakan cikal bakal pembentukan karakter bangsa yang kuat dan pembangunan sumber daya manusia yang sehat," ucap Tonga.

    Pada kesempatan itu, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Deputi Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Arifin Madjid menyerahkan bendera Gala Desa kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju, sekaligus melakukan tendangan `kick off` sebagai pertanda dimulainya turnamen sepak bola.

    Arifin menyampaikan, cabang olah raga yang dipertandingkan pada Gala Desa adalah yang sering dilakukan di lingkungan desa.

    "Ini untuk memasyarakatkan olah raga, karena tingkat kebugaran masyarakat Indonesia baru 14 persen sementara untuk tingkat kesehatan itu mestinya 30 persen. Tidak menutupkemungkinan akan lahir atlet berbakat dari desa di Kabupaten Mamuju," terang Arifin.

    Terkait usia atlet, ia mengakatakan tidak ada batas umur, sebab Gala Desa hanya untuk memasyarakatkan olahraga.

    Adapun jenis cabang olah raga yang dipertandingkan ialah, sebak bola, sepak takraw, bola volli, tenis meja, bukutangkis dan atletik. (KT-IS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mencari Atlet Mudah Mamuju Dalam Ajang Gala Desa Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top