• Headline News


    Sunday, September 24, 2017

    Menkes Kagumi Adat dan Budaya Toraja

    Tana Toraja, Kompastimur.com
    Menteri Kesehatan RI, Nila Juita F. Moeloek saat kunker ke Tana Toraja mengaku sangat mengagumi adat dan budaya yang dimiliki Toraja, baik itu proses adat, budaya maupun aksesoris pakaian adatnya yang sangat menarik.

    “Saya sangat menyukai Adat dan Budaya Toraja, keramahan masyarakatnya, bahkan saýa sudah mengunjungi beberapa objek wisatanya yang sangat indah dan menarik, saya tidak takut pada kuburan-kuburan batu," kata Moeloek saat menyampaikan sambutan pembukaan Jamnas PSC 119 dan SPGDT di Makale pekan kemarin.

    Menurut Moeloek, agar para wisatawan bisa lebih banyak berkunjung ke Toraja, maka harus dibangun Bandara dengan landasan yang lebh panjang.

    “Supaya wisatawan lebih banyak berkunjung kesini,  maka Toraja sangat membutuhkan Bandara yang lebih panjang landasannya, sehingga dapat dilayani pesawat yang berbadan lebar," pungkasnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tana Toraja Nico Biringkanae,  menyampaikan salam hormatnya kepada Presiden RI.

    "Sampaikan salam kebangsaan saya, pada Bapak Presiden RI, sekembalinya Ibu ke Jakarta," kata Bupati.

    Selain kunjungan Moeloek, Bupati pun berharap Presiden dapat datang dan berkunjung ke Kabupaten Tanah Toraja akhir tahun 2017 mendatang.

    "Kami menunggu kehadiran Bapak Presiden Joko Widodo berkenan datang ke Toraja pada Desember 2017, bertepatan dengan kegiatan Lovely Toraja," harapnya.

    Terkait Bandara Tana Toraja, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang hadir di Tana Toraja beberapa waktu lalu, mengungkapkan Pemerintah Pusat sudah memulihkan anggaran Kelanjutan Pembangunan Bandara Buntu Kunik sebesar 480M, diutamakan penyelesaian Runway.

    Sejalan dengan itu, sesuai pemberitaan di berbagai media, melaui LPSE Kemenhub, sudah dilakukan pelelangan pekerjaan pengawasan kelanjutan Pembanunan Bandara Buntu Kunik.

    Semoga kelanjutan pembangunan Bandara Buntu Kunik Mengkendek Tana Toraja dapat terlaksana sesuai harapan kita bersama, dan akan menunjang kelancaran transportasi udara yang lebih baik.

    Apalagi, Bandara merupakan salah satu sarana dan prasarana penunjang pariwisata Toraja, utamanya untuk menjawab penyingkatan waktu tempuh dan kenyaman dari dan ke Toraja. Namun, semua itu terpulang ke masyarakat Toraja secara utuh, baik yang ada di Toraja, maupun yang di luar Toraja.

    Sebab, semua pihak berharap saat kunjungan Presiden RI ke Toraja akan membawa banyak program pembangunan strategis bagi Tana Toraja dan Toraja Utara, karena beberapa Menteri sudah berkunjung, dan tentunya akan menyiapkan program strategis bagi daerah kita ini. Tergantung, bagaimana kesiapan masyarakat dan utamanya pemerintah daerah mengelolanya. Semoga. (MZT-KT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menkes Kagumi Adat dan Budaya Toraja Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top