• Headline News


    Friday, September 8, 2017

    Dari Mubes I, Kemkominfo Tegaskan IWO Harus Kalahkan Hoax

    Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Henri Subiakto saat membuka Mubes I IWO di Hotel Puri Mega, Jalan Raya Rawangmangun, Jakarta, Jumat (8/9).


    Jakarta, Kompastimur.com
    Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Henri Subiakto membuka Musyawarah Bersama (Mubes) I Ikatan Wartawan Online (IWO) di Hotel Puri Mega, Jalan Raya Rawangmangun, Jakarta, Jumat (8/9).

    Dalam sambutannya Henri mengatakan IWO adalah ikatan wartawan masa depan diera digitalisasi, namun diharap harus terus meningkatkan kwalitas sehingga keberadaannya bisa berkarya tulis dengan fakta menarik serta bisa mengalahkan hoax.

    “Mohon maaf pak Menteri lagi ke Bali, saya diperintahkan mewakili. Pada prinsipnya kami apresiasi Mubes dari IWO ini, ikatan ini adalah ikatan wartawan massa depan, untuk itu perlu meningkatkan kwalitas sehingga bisa berkarya dengan fakta menarik serta bisa mengalahkan Hoax,” kata Henri.

    Henri mengatakan negeri tidak bisa lebih baik kalau dibangun dengan berita hoax atau tidak jujur, namun negeri ini bisa dibangun dengan berita yang akurat serta sesuai fakta.

    Lanjutnya, pemerintah Republik Indonesia menaruh harapan besar kepada IWO agar bisa ikut memerangi Hoax.

    Hedri mengaku kalau media online saat ini sangat demokratis, tidak mengenal dari mana berasal, tetapi akan tetap dibaca oleh dunia.

    “Media online itu demokratis tak mengenal dari mana semua punya kesempatan, tidak mengenal dari kali deres, kali kepeting, dari Sulawesi, Manokwari tetapi media online dari manapun dibuat akan dibaca seluruh dunia. lah ini kan demokratis,” ujarnya.

    Hendri pun optimis bahwa pelaksanaan Mubes ini akan semakin meningkatkan kualitas jurnalis media online.

    “Sekali lagi saya tegaskan kalau saat ini ada trend media online dipenuhi hoax, banyak persoalan yang dihasilkan dengan berita Hoax ini, mari sama sama perangi,” ajaknya.

    Sementara itu, Ketua Umum IWO masa bakti 2017-2022, Jodhi Yudono dalam sambutannya mengatakan saat ini kepengurusan IWO sudah terbentuk di 31 Provinsi dengan nama Pengurus Wilayah dan 40 Kab/Kota dengan nama Pengurus Daerah.

    “Kehadiran IWO untuk mengiplementasikan UU No 40 Tahun 1999 tetang Pers yang mengatur tentang prinsip, ketentuan dan hak-hak penyelenggara pers di Indonesia, sekaligus mengikuti tata tertib dari Dewan Pers,” kata Jodhi.

    Jodhi menjelaskan, kegiatan Mubes I IWO ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 8-9 September 2017. Dimana, kegiatan ini diberi nama Mubes untuk menunjukkan kesamaan antar wartawan.

    Dalam Mubes ini, pengurus IWO daerah yang hadir akan membahas AD/ART, Kode Etik Wartawan Online (KEWO), serta Kesejahteraan Anggota.

    Dalam Mubes ke-I ini, IWO juga menggelar dikusi panel dengan tema Mubes Membangun Peradaban Pada Era Digital dengan menghadirkan pembicara, staf ahli Gubernur Lemhanas Mayjen TNI (Purn) I Putu Sastra Wingarta, Staf Khusus Menkominfo Henri Subiakto, Karo Multimedia Mabes Polri Brigjen Yanfitri, Ahli Cybercrime Gildas Deograt Lumy, Budayawan Mohamad Sobary, wartawan senior Kompas yang juga mantan Dubes RI untuk Italia August Parangkuan serta dosen Komunikasi Politik dan Kebangsaan Universitas Muhammadiyah Makassar yang juga Ketua Dewan Etik IWO Sulawesi Selatan Arqam Azikin.

    Ketua Panitia Mubes ke-I IWO, Edward Panggabean dalam laporannya tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada seluruh narasumber dan pihak-pihak yang membantu terlaksananya Mubes I IWO ini.

    Dirinya juga mengaku bahwa, Mubes IWO I berlangsung karena dukungan beberapa perusahaan yang mengapresiasi keberadaan IWO.

    Para sponsorship yang terlibat dalam membantu Mubes  IWO I yakni, Akses Prima Indonesia, Indonesian Cloud, Master System, Data Comm, Vertanews.tv.

    Mubes IWO I ini juga akan akan disiarkan secara live streaming melalui web www.celebesnews.id, dan dapat pula diakses melalui aplikasi android dan IOS dengan cara mendownload aplikasi celebesnews  di playstore dan Appstore. Dapat juga disaksikan melalui akun facebook celebesnews.id  dan  Youtube celebesnews.id. (KT-01)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dari Mubes I, Kemkominfo Tegaskan IWO Harus Kalahkan Hoax Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top