• Headline News


    Tuesday, August 1, 2017

    68 Kapal Akan Singgahi Bursel Saat Wonderfull Sail Indonesia 2017

    Namrole, Kompastimur.com
    Kegiatan Wonderfull Sail Indonesia II Tahun 2017 akan kembali digelar di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dibawa kepemimpinan Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dan Wakil Bupati Buce Ayub Seleky.

    Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bursel Amelia Solissa saat ditemui wartawan seusai kegiatan Pelepasan Jamaah Haji di Kantor Bupati baru, Senin (31/7) mengatakan  dalam kegiatan Wonderfull Sail yang direncanakan Open Seremonynya dari tanggal 5 – 8 Agustus ini tinggal pelaksanaanya saja.

    Menurut wanita yang biasa disapa Mei ini, dalam kegiatan Wonderfull Sail kali ini ada peningkatan peserta. Dimana, pada Tahun lalu hanya berasal dari 10 negara, namun kali ini pesertanya berasal dari 15 negara.

    “Bursel akan disinggahi 68 peserta Wonderfull Sail dari 15 negara dengan jumlah peserta kurang lebih 120 orang. Sedangkan untuk kesiapan kegiatannya  tinggal pelaksanaannya saja di semua titik-titik yang menjadi lokasi lomba,” kata Solissa.

    Selain itu, Solissa juga menjelaskan untuk rangkaian kegiatan tahun ini hanya difokuskan pada empat titik
    di Kota Namrole.

    “Ia seputaran Kota Namrole, ada 4 titik  kegiatan yaitu di Pulau Oki, Pantai Wamsoba, Pantai Wali dan di Kawalale. Sedangkan untuk mata lombanya ada Lomba Kole-Kole Manggurebe, Lomba Mancing, Lomba Festival Duen / Rakit dan Lomba Panjat Pohon Kelapa. Selain itu, para wisatawan akan dimanjakan dengan seguhan hiburan rakyat berupa aktrasi seni dan budaya serta live music,” jelasnya.

    Terkait kesiapan pendamping perserta wisatawan atau Guide, Solissa menambahkan untuk Sail tahun ini tidak akan menggunakan guide dengan jumlah sebanyak tahun sebelumnya, tetapi hanya menggunakan 7 orang saja. Dimana 5 orang untuk Tour Ledear dan 2 orang untuk Tour Guide.

    Bukan hanya itu, menurut Solissa, kemungkinan untuk mendapingi para peserta Sail akan dipakai anak-anak kecil yang sudah paham akan bahasa Inggris yang berasal dari Kota Namrole untuk menuntun para wisatawan.

    “Katong su seng pake Guide seperti tahun kemarin lagi, karena tahun kemarin itu beta kantor rusak karena dong kasi hancur, dong tuntut hak tapi dong tidak mengerti bahwa ada hal-hal yang harus mereka sabar untuk menanti. Katong pake 7 guide dan munkin akan dibantu oleh anak-anak yang sudah paham bahasa Inggris untuk tuntut wisatawan,” ungkap Solissa.


    Karena menurut Solissa, hal ini dilakukan agar muncul bibit-bibit generasi muda dan mereka bisa muncul untuk ambil bagian serta berperan dalam Sail ini dan dan Sail-Sail berikutnya. (KT-02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 68 Kapal Akan Singgahi Bursel Saat Wonderfull Sail Indonesia 2017 Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top