• Headline News


    Wednesday, May 24, 2017

    Dinas Pendidikan SBT Gelar Bimtek Akreditasi Sekolah/Masdrasah

    Bula, Kompastimur.com
    Dalam rangka peningkatan kapasitas Kepala Sekolah/Madrasah dalam menghadapi Akreditasi Tahun 2017 tingkat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), maka Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap para Kepala Sekolah, Selasa (23/5) di Gedung Serbaguna Bula.

    Peserta Bimtek Akreditasi terdiri dari SD 25 orang, SMP 10 Orang dan SMA 5 orang sehingga total 40 orang peserta.

    Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Bimtek ini di antaranya Drs. J.J.Limba selaku Kepala Badan Akreditasi Provinsi Maluku, Prof. T.G Ratumanan sebagai Anggota, Evi Madjida selaku Ketua UPA dan Usman Keliobas dari Pengawas/Aksesor Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT.

    Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga SBT Achmad Rumaratu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Sudir Rumanama mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas para Kepala Sekolah dalam menghadapi Akreditasi.

    “Para Kepsek harus bersyukur karena saat ini Akreditasi sekolah masih dilakukan secara manual sehingga mempermuda pihak sekolah dalam menghadapi jalannya Akreditasi,” katanya.

    Di tempat yang sama, Ketua Panitia Evi Madjida mengatakan, kegiatan ini sebgai langkah awal untuk persiapan akreditasi sekolah sehingga parakepala sekolah sudah harus diberikan muatan dalam menghadapi proses akreditas sekolah.

    Dijelaskannya, beberapa penilaian saat lakukan akreditas di antaranya sekolah tersebut pernah mempunyai lulusan dan izi operasional. Sedangka­n, untuk Kabupaten SBT, beberapa sekolah izin operasionalnya di Maluku Tengah sehingga saat ini harus dilakukan proses pengalihan izin operasional dari Maluku Tengah ke SBT dan semuanya bisa diurus Kabupaten SBT.

    "Kegiatan ini bertujuan untuk memantapakan para kepala sekolah menjelang Akreditasi. Untuk izin operasional sebagian sekolah masih dilakukan di Maluku Tengah. Olehnya itu, ada langkah-langkah yang diambil agar kedepan semua izin operasional bisa dilakukan di SBT," ucapnya.

    Untuk diketahui standar nilai akreditasi sekolah diantaranya 91-100 mendapatkan Akreditasi A, 81-90 mendapatkan nilai Akreditasi B dan 71-80 mendapatkan nilai Akreditasi C. Sedangkan yang memperoleh nilai dibawa 70 dinyatakan tidak lolos Akreditasi.

    Untuk Kabupaten SBT merupakan daerah dengan angka Akreditasi terbesar diantara 11 kabupaten/kota lainnya dengan rincian sebanyak 30 sekolah yang dibiayai APBD dan 21 sekolah dibiayai APBN. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinas Pendidikan SBT Gelar Bimtek Akreditasi Sekolah/Masdrasah Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top