• Headline News


    Tuesday, December 6, 2016

    Soal JPO, Komisi III Berinisiatif Undang Management MCM

    Ambon, Kompastimur.com
    Soal pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) itu memang tidak dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tetapi dibangun oleh pihak menajemen Maluku City Mall (MCM), akan tetapi soal perencanaan itu tidak bisa dibuat sendiri, namun mempunyai link dengan pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Dinas PU, Tata Kota, Bapekot dalam rangka untuk beroordinasi.  Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Cristianto Laturiuw, Senin (5/12).

    "Terkait struktur dan bentuk fisik JPO itu sendiri, harus juga berkoordinasi dengan pihak Balai, karena jangan sampai tata letak jalan turunnya itu bersentuhan dengan trotoar dan lain sebagainya, karena itu masih dalam link mereka. Dan sampai saat ini, hasil koordinasi terakhir dengan komisi itu cuma tentang rekomendasi dari Balai, tetapi saya sudah mengkonfrontir kemarin dan rekomendasinya sudah diberikan, namun mungkin karena material pekerjaannya saja yang belum sampai ke sini," ujarnya.

    Politisi Partai Gerindra yang akrab disapa Tito itu mengatakan, ini sudah tiga kali penundaan pekerjaan pembangunannya. Yang pertama itu rencananya dibangun setelah Lebaran Idul Fitri, dan kedua itu kalau tidak salah pada November dan sekarang juga ditunda hingga kapan nantinya. Memang tidak ada hubungannya dengan APBD, akan tetapi DPRD punya tanggungjawab untuk menyampaikan ke pihak MCM, sebab ini menyangkut dengan keselamatan warga Kota Ambon dan pengunjung lainnya.

    "Sejauh ini belum ada koordinasi terkait kapan pekerjaannya dilakukan, terakhir komunikasi itu soal rekomendasi dari Balai, dan itu sudah selesai, namun mungkin karena material pekerjaannya saja yang belum ada hingga pekerjaannya belum dilakukan. Beberapa waktu lalu memang direncanakan akan diselesaikan pada Desember ini, tetapi kalau kita lihat memang tidak mungkin dalam bulan Desember," terangnya.

    Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Leonora E K Far-Far kepada wartawan di balai rakyat Belakang Soya mengatakan, informasi yang diterima pihaknya itu katanya sudah dilakukan peletakkan batu pertama pembangunan JPO tersebut, namun sebelumnya Komisi belum mengetahui tempatnya padahal Komisi telah melakukan kunjungan lansung ke lokasi yang akan dibangun JPO tersebut, dan pada kunjungan itu belum ada kesepakatan bahwa lokasi mana yang akan dipakai untuk dibamgunnya JPO itu.

    "Informasi yang diterima komisi, pihak MCM dan Tata Kota sudah melakukan peletakkan Batu Pertama pembangunan tersebut, sehingga membuat pihak komisi bingung, karena kenapa tidak sama-sama dengan Komisi, sementara rapat pertama pembahasan bersama terkait hal tersebut belum disetujui lokasi pembangunan. Seharusnya itu mereka datang untuk mempresentasekan ke Komisi, namun sampai dengan saat ini belum dipresentasi. Dan karena itu, maka Komisi telah berinisiatif dalam waktu dekat akan mengundang pihak terkait, yaitu MCM, Tata Kota, Balai dan pihak terkait lainnya untuk dimintai keterangannya," tandasnya. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soal JPO, Komisi III Berinisiatif Undang Management MCM Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top