• Headline News


    Thursday, November 24, 2016

    Pemkot Ambon Gelar Sosialisasi Jabatan Fungsiona Guru

    Ambon, K
    Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Badan Kepegawaian Kota (BKK) Kota Ambon menggelar sosialisasi jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

    Kegiatan yang diikuti para kepala sekolah (kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Ambon ini merupakan langkah strategis dalam upaya pengembangan profesi guru sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 16 Tahun 2009.

    Sekretaris Kota Ambon, AG Latuheru dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Sekretariat Kota Ambon Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra, Novel Masuku mengatakan, jabatan fungsinoal guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

    Sekkot menjelaskan, jabatan guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. “Beberapa strategi dalam upaya pengembangan profesi guru akan dikupas dalam sosialisasi ini. Kegiatan sosialisasi ini kita harapkan agar diikuti dengan baik,” jelasnya disela-sela sosialisasi yang berlangsung di aula Tirta Kencana, Rabu (23/11).

    Dikatakan, guru harus memiliki sikap integritas profesional serta memiliki instink sebagai pendidik. "Inilah yang selama ini angka kredit bagi guru didasarkan pada Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya,” jelasnya.

    Sekkot menjelaskan, guru-guru di Kota Ambon masih kalah jauh dari segi kompetensi dan daya saing. Hal ini dapat dibuktikan dengan tes Uji Kompetensi Guru (UKG) dua tahun terakhir 2012 dan 2013, dimana Provinsi Maluku menempati urutan 32 dari 33 provinsi di Indonesia. “Setelah kita analisa, ternyata ada kekurangan pada Sumber Daya Manusia (SDM) guru, maka dibuat berbagai program peningkatan kualitas guru, sehingga dibutuhkan suatu progres dari dinas pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme guru di Kota Ambon,” ujarnya.

    Dia mengharapkan, sosialisasi yang dilaksanakan saat ini dapat dipahami secara baik dan mampu diimplementasikan secara baik dan terarah oleh guru. (KT-HAM)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Ambon Gelar Sosialisasi Jabatan Fungsiona Guru Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top