• Headline News


    Sunday, July 26, 2020

    Kapolda Tegaskan TNI/Polri Dan Penyelenggara Harus Netral


    Namrole, Kompastimur.com 
    Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menegaskan agar Polri maupun TNI serta semua unsur penyelenggara Pilkada harus netral dalam Pilkada tahun 2020.

    Pernyataan ini dilontarkan Kapolda saat melakukan tatap muka dan pengarahan kepada 156 Anggota TNI/Polri yang berlangsung di Kompi Senapan D 731 Kabaresi Namrole, Sabtu (25/07).
    “Bursel dalam waktu dekat ini akan melaksanakan Pilkada, salah satu syarat untuk kita dapat menghasilkan pemimpin yang baik adalah TNI, Polri, KPU dan Bawaslu mutlak harus netral. Saya ingin kita semua dapat menciptakan kondisi terbaik di Pilkada nanti,” kata Kapolda.

    Kapolda menekankan jika ada anggota TNI/Polri yang salah dan tidak netral didalam berindak, bahkan condong memihak ke salah satu kontestan di Pilkada nanti, pasti di proses oleh pihaknya.

    “Kalau ada Pak Kapolres ini yang anggota salah dalam bertindak, pasti saya tindak, pasti saya proses. Ingat cakap saya, ucapan saya, pasti saya proses. Bukan Cuma anggotanya Kapolresnya pun pasti saya proses,” tegasnya.

    Tak hanya Kapolres, tetapi Kapolda juga mengatakan, jika dalam perhelatan Pilkada nanti ada bawahannya yang berjalan diluar ketentuan dalam menjalankan tugas Pilkada, dirinya siap untuk di evaluasi.

    “Tak hanya Kapolres, jika kedapatan anak buah saya ada yang tidak netral dalam melaksanakan tugas Pilkada, jangankan anak buah saya, saya siap untuk dievaluasi. Ganti saja Kapoldanya, jadi biar jelas jabatan saya, saya pertaruhkan demi netralitas,” paparnya.

    Untuk itu, ia berkeinginan supaya para penyelenggar, pengawas, TNI/Polri sebagai pengamanan dapat betul-betul menampilkan netralitas dalam menjalankan tugas nanti. Begitu juga dengan Gakumdu yang dibuat dan petugasnya yang  dipersiapkan untuk segera menyelesaikan masalah sejak awal karena semakin cepat ditangani semakin baik hasilnya.

    “Saya ingin TNI dan Polri menjadi panutan di masyarakat, oleh sebab itu  apa yang diharapkan oleh Bapak presiden dan para petinggi kita, Panglima dan Kapolri jelas disampaikan bahwa kita harus netral didalam setiap pesta demokrasi yang kita amankan,”ucapnya.

    “Jadi kita harus memberikan jarak yang sama terhadap semua pasangan calon, kita harus memberikan perlindungan yang sama terhadap semua calon. Dengan demikian kita akan dikatakan sebagai TNI dan Polri yang profesional. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat kita buktikan dapat kita perlihatkan kepada masyarakat Bursel,” pungkasnya.

    Hal yang sama juga Kapolda tegaskan saat pertemuannya dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Bursel di halaman kantor KPU.

    Dimana, saat itu Ketua KPU Bursel, Syarif Mahulauw dalam penjelasnnya menyampaikan bahwa segala tahapan telah dijalankan pihaknya dengan memperhatikan protap kesehatan Covid-19, baik dari proses pembentukan PPK, PPS  dan PPDP bahkan sudah melaksanakan berbagai Bimtek sampai tahapan Pencoklitan yang saat ini sedang berlangsung.
    Begitu juga dengan Ketua Bawaslu, Umar Alkatiri yang telah mempresentasikan kerja pengawasannya dalam program pengawasan yang hingga saat ini telah mengirimkan surat untuk Bupati, para Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Bursel untuk tidak memanfaatkan semua bentuk bantuan sosial dari pemerintah untuk dijadikan bahan kampanye oleh peserta calon.

    Turut hadir dalam kegiatan kunjungan Kapolda ini Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa, Direktur Intelkam Polda Maluku, Kombes Pol Yosef Sriyono Joko Handono, Plt. Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Antonius Wantri Yuliyanto, BKO Pabungpol Sprimpim Polda Maluku, AKP Amandus Jhon, Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Syarifudin Aziz, Kapolres Pulau Buru, Ricky Purnama Kertapati, Wakapolres Pulau Buru, Bachrie Hehanussa, Ketua DPRD Bursel, Muhajir Bahta, Sekda Bursel, Iskandar Wala, Danyon 731/ kabaresi, Letkol Inf I Putu Witharsana, Asisten II Setda Kabupaten Bursel Ahmad Sahubawa, Danramil 1506-05/Wamsisi Kapten Inf Abas Siolont, Para Pimpinan OPD lingkup Pemda Bursel, Kapolsek jajaran Kabupaten Bursel serta Dankipan D Yonif 731/Kabaresi, Lettu Inf Vicodey Andreis. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kapolda Tegaskan TNI/Polri Dan Penyelenggara Harus Netral Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top