• Headline News


    Friday, January 18, 2019

    Bupati : PNS Dituntut Utamakan Perannya Sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat



    Namrole, Kompastimur.com 
    Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Buru Selatan dimintah untuk mengedepankan peran utamanya baik sebagai abdi negara, abdi masyarakat maupun abdi pemerintah sesuai dengan amanat konstitusi dan semua peraturan hukum yang berlaku di negara Indonesia.

    Peran yang dimaksud adalah meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat Bursel sesuai dengan jabatan dan fungsinya pada tiap-tiap instansi dimanna PNS itu mengabdi.

    "Pegawai Negeri Sipil sebagai aparatur dan administrator negara serta penggerak roda birokrasi pemerintah, dituntut untuk mengedepankan peran utamanya sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat sesuai dengan amanat konstitusi dan semua peraturan hukum yang berlaku," demikian kata Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional yang berlangsung di lapangan upacara kantor bupati, Kamis (17/01/2018).

    Bukan hanya itu, Tagop katakan, PNS dilingkup Pemda Bursel juga diharuskan berperan aktif sebagai abdi pemerintah yang senantiasa memberikan dukungan pada pelaksanaan tugas keseharian pemerintah yang dilakukan oleh segenap jajaran.

    Hal ini tentunya merupakan suatu upaya dan momentum yang baik untuk melihat dan mengevaluasi hasil kegiatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

    "Upacara Kesadaran Nasional hendaknya juga dimanfaatkan untuk memperbaharui semangat, dedikasi, dan tangungjawab memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat dan itu bisa terwujud jika dalam diri kita tertanam motivasi kerja, dan terpatri komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat yang disertai peningkatan disiplin dan profesionalisme untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan," ucapnya.

    Bupati dua periode ini menghimbau, apa yang telah terjadi pada tahun lalu dapat dijadikan pengalaman dan menjadi pelajaran yang berharga bagi diri masing-masing PNS untuk menata kerja dan kinerja di tahun 2019.

    "Mari kita membuka diri dan berlapang dada untuk menerima ide, masukan, bahkan kritik yang bersifat konstruktif dari manapun datangnya sebagai bahan evaluasi atas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada awal tahun ini. Biarlah tahun lalu menjadi pelajaran dan pengalam yang baik untuk menata ke arah yang lebih baik," ajaknya.


    Sejalan dengan hal itu, Bupati Bursel dua periode ini mengharapkan, pelaksanaan upacara Hari Kesadara Nasional, harus dapat dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran kita dalam menterjemahkan dan mengaplikasikan makna serta arti Panca Pratesia Korps pegawai Republik Indonesia.

    "Terkait dengan panca prasetia KORPRI, maka sebagai publik service, PNS harus dapat meningkatkan disiplin kerja taat terhadap aturan serta mampu untuk menghayati dan melaksanakan setiap tugas dan fungsi masing – masing secara maksimal, sehingga kinerja dan disiplin aparatur di daerah ini dapat ditingkatkan dengan baik," tuturnya.

    Pada kesempatan itu juga, dirinya menegaskan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menindak tegas bawahannya baik PNS maupun PTT yang hingga saat ini belum melakukan aktifitas kantornya.

    "Kepada seluruh Pimpinan OPD, supaya Pegawai Negeri Sipil maupun Pegawai Honorer yang sampai hari ini masih belum melakukan aktivitas masuk kantor tanpa ada kejelasannya, agar segera ditindak disiplin Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

    Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menciptakan harmonisasi kerja, sehingga pendistribusian kewenangan kepada bawahan harus terus dilakukan secara merata, sehingga masing-masing pegawai dapat diberdayakan dalam  wujud pembinaan karier kedepan sesuai bidang tugas dilingkungan kerja masing-masing.

    "Ini harus dilakukan agar terciptanya disiplin pegawai dalam melaksanakan tugasnya serta dapat diberdayakan sesuai tugas dan fungsinya pada jabatan yang diembannya," tambahnya. (KT/02)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati : PNS Dituntut Utamakan Perannya Sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top