close
BISA
  • Headline News

    Friday, August 31, 2018

    Tak Terurus, KM Marlin Bakal Jadi Sampah Laut Piru

    TELAH DIRALAT DENGAN SURAT DIBAWAH INI



    Piru, Kompastimur.com 
    Speed boat KM Marlin milik Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan nilai 2,1 Milyar yang saat ini karam dipantai Piru dan hanya diabaikan oleh dinas setempat tanpa melakukan evakuasi untuk menyelamatkan aset daerah yang merupakan bantuan kementerian dan daerah tertinggal  tahun 2013.

    KM Marlin dibiarkan kandas dan karam bahkan diabaikan oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten SBB yang dinahkodai oleh Adjait selaku Kepala Dinas Perhubungan.

    Kapal yang karam akibat pasca dihantam gelombang itu, sudah mulai tidak diperhatikan lagi oleh dinas Perhubungan Kabupaten SBB sehingga dibiarkan karam dan terbengkalai begitu saja dilaut Piru sejak beberapa minggu terakhir ini.

    Jamadi Darman Anggota Fraksi Amanat Keadilan SBB Kepada Kompastimur.com di Gemba Kecamatan Kairatu Kab SBB Kamis 30/8/2018 menuturkan, dirinya sangat menyesalkan pihak Dinas Perhubungan dan pihak Aset Daerah yang terkesan acuh dan tidak peduli dengan aset milyaran rupiah yang terbengkalai dan karam begitu saja dipantai Piru.

    “Pemda dalam hal ini Dishub dan Bagian Aset Daerah terkesan tutup mata dengan membiarkan aset milyaran rupiah karam dan bakal menjadi sampah sekaligus penghuni penjaga pantai laut piru,’’ sesal Darman.

    Darman menambahkan, seharusnya ada perhatian khusus terhadap aset-aset daerah oleh pihak Dinas Perhubungan dan Aset Daerah agar dapat digunakan untuk kepentingan pemerintah daerah atau digunakan untuk keperluan penyebrangan antara pulau, namun kenyataannya kapal milyaran rupiah itu hanya dibiarkan terbengkali begitu saja tanpa ada perawat sebagaimana mestinya.

    “Seharusnya aset milyaran rupiah itu dirawat bukan sebaliknya dibiarkan karam dan terancam menjadi sampah dan penghuni laut Piru, padahal ada anggaran pemiliharannya yang dikelola oleh dinas terkait,” jelas Darman.

    Dirinya mengecam Pemerintah Daerah yang membiarkan aset daerah terbengkalai dan dibiarkan rusak dimakan waktu dan tanpa memperhatikan aset-aset yang ada dan khususnya bagi dinas mitra yang mengelolah aset daerah harus dievaluasi oleh Bupati SBB Moh Yasin Payapo.

    ‘’Dong mau yang baru tarus kalau yang ada seng jaga,barang uang daerah ini hanya par bali oto,motor dan spit terus terus saja seng ada yang laeng lay’’ tutur Ketua BM PAN Maluku ini dengan bahasa Ambon.

    Dirinya meminta Bupati SBB Moh Yasin Payapo untuk menindak tegas dinas teerkait yang seharusnya merawat dan memelihara aset daerah karena semua aset daerah pasti memiliki anggaran pemeliharaan.

    “Dinas Perhubungan dan Badan Pemberdayaan Aset Daerah jangan hanya pangku tangan saja, rakyat SBB masih membutuhkan banyak sentuhan bukan hanya anggaran untuk membeli mobil, sepeda motor dan speed boat saja, tetapi pemeliharaan terhadap aset daerah yang sudah ada juga perlu di perhatikan,” tutup Darman. (KT/MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Terurus, KM Marlin Bakal Jadi Sampah Laut Piru Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top