• Headline News

    Jumat, 01 Desember 2017

    KPU Sosialisasi Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Tana Toraja


    Toraja,Kompastimu.com
    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja menggelar Sosialisasi terkait dengan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten dalam Pemilu 2019 di Hotel Puri Artha Makale, Rabu (29/11/2017). 

    Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja Rizal Randa dalam sambutannya menyampaikan maksud dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan kesepahaman kepada stakeholder dan pengurus parpol terkait dengan penataan dapil tingkat kabupaten berdasarkan Undang-udang Nomor 7 Tahun 2017 Bab III pasal 185 yang mengatur tentang prinsip-prinsip penyusunan dapil anggota DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota, berhubungan dengan hal tesebut maka KPU Kabupaten Tana Toraja melakukan penataan dapil dan alokasi kursi Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja pada Pemilu Tahun 2019.

    “Harapan kami dalam  sosialisasi penataan dapil ini, semua pihak dapat memahami dan bekerja sama yang baik dengan stakeholder, parpol dan masyarakat dalam mengusulkan dapil ke KPU RI, karena tugas kami adalah menyampaikan usulan penataan dapil ke KPU Provinsi selanjutnya ke KPU RI yang akan menetapkan layak tidaknya dapil itu,” harap Rizal.

    Sementara itu, Ketua Devisi Data KPU Kabupaten Tana Toraja  Alexander Kambuno menjelaskan terkait prinsi- prinsip penataan dapil dan alokasi kursi sesuai dengan Undang- undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ada 7 (tujuh) prinsip dalam penetapan dapil dan alokasi kursi yaitu kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsional, integritas wilayah, coterminus, kohesivitas dan kesinambungan. 

    Hadir dalam sosialisasitersebut diantaranya Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Army Lenggo, Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Perwakilan Partai politik (Parpol), Kasdim 1414 Tana Toaja, Kejaksaan Negeri Makale, Ketua TP4D Amri Kurniawan, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Mantan Angota KPU, Panwas Kabupaten, LSM dan Media Cetak/Online. (KT-MZT)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KPU Sosialisasi Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Tana Toraja Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top