• Headline News

    Monday, November 23, 2020

    Tiga Pasangan Calkada Bursel Akan Beradu Visi Misi di Debat I

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN BAKAL PASANGAN CALON DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BURU SELATAN TAHUN 2020
    Download / Preview

     


    Namrole, Kompastimur.com

    Sesuai tahapan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan, ketiga pasangan Calon Kepala Daerah (Calkada) Buru Selatan akan beradu visi misi dalam Debat Calkada selama 2 kali, yakni tanggal 24 November 2020 dan tanggal 28 November 2020.

    Ketiga pasangan Calkada itu terdiri dari pasangan nomor urut 1, Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB) yang diusung oleh Partai Golkar (3 kursi) dan Partai Gerindra (1 kursi).

    Kemudian pasangan nomor urut 2, Abdurrahman Soulisa-Elisa Ferianto Lesnusa (MANIS) yang diusung oleh Partai Nasdem (3 kursi), Partai Hanura (2 kursi),  PPP (2 kursi).

    Selanjutnya, pasangan nomor urut 3, Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) yang diusung oleh PDI Perjuangan (2 kursi), PAN (2 kursi), Perindo (2 kursi), Partai Demokrat (2 kursi) dan Partai Berkarya (1 kursi). Pasangan ini pun didukung oleh lima partai non seat, yakni PKB, PKS, PSI, PKPI dan PBB. 

    Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan, Syarif Mahulauw kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Buru Selatan menjelaskan bahwa untuk Pelaksanaan Debat I akan berlangsung Selasa, 24 November 2020 pukul19.30 WIT.

    "Debat I akan berlangsung tanggal 24 November 2020 pukul 19.30 WIT di Gedung Serbaguna Namrole," kata Mahulauw.

    Ia menjelaskan, Tema Debat I tersebut ialah 'Menyelesaikan Permasalahan Daerah, Menyeleraskan Pembangunan Nasional, Memperkokoh Negara Kesatuan republik Indonesia dan Kebangsaan serta Strategi Penanggulangan Corona Virus Disease 2019'.

    Dikatakannya, dalam Debat I itu akan diberlakukan protokol Covid-19, yakni menggunakan masker dan menjaga jarak.

    "Debat I tersebut tetap memperhatikan Protokol Covid-19 sesuai  PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 06 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati dan atau walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Corona virus disease Covid-19," terangnya. 

    Dimana, lanjutnya, dalam Debat I, Gedung Serbaguna hanya akan diisi oleh 50 orang yang terdiri dari ketiga pasangan Calkada yang didampingi masing-masing 4 orang Tim Pemenangan. Kemudian, Bawaslu Kabupaten 2 orang dan Komisioner lengkap KPU Kabupaten Bursel.

    "Jika ada monitoring dari KPU atau Bawaslu Provinsi pun akan diakomodir," ucapnya.

    Sedangkan, katanya, untuk Panelis Debat I tersebut telah ditunjuk lima orang yang ahli di bidangnya sesuai Keputusan KPU Kabupaten Buru Selatan Nomor: 125/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tanggal 28 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan, kelima Panelis itu terdiri dari: Pertama, Ruslan Tawari yang adalah Ketua Program Studi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Pattimura Ambon;

    Kedua, Sherlock H. Lekipiouw yang adalah Dosen Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Pattimura dan Ketua Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Pattimura Ambon;

    Ketiga, Djufri Rais Pattilow yang adalah Mantan Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon;

    Keempat, Amir F. Kotaromalos yang adalah Dosen pada Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Ketua Pusat Kajian Politik Lokal dan Otonomi Daerah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Ambon; dan

    Kelima, Abdul Manaf Tibaka yang adalah Ketua Jurusan Sosiologi Fakultas Ushuluddin IAIN Ambon dan Direktur Pusat Studi Demokrasi Agama dan Pembangunan (Pusdap) IAIN Ambon.

    Selain para Panelis, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan juga telah menetapkan Moderator untuk memandu debat nantinya.

    Hal itu sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan Nomor: 126/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tentang Penetapan Moderator Debat Publik/Debat Terbuka Pertama Antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan tahun 2020.

    "Sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan Nomor: 126/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tanggal 28 Oktober 2020 telah ditetapkan Saudari Aliva Medy Cahaya Putri sebagai Moderator Debat Publik/Debat Terbuka Pertama Antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan tahun 2020," ucap Mahulauw. (KT-01)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tiga Pasangan Calkada Bursel Akan Beradu Visi Misi di Debat I Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top