• Headline News

    Wednesday, March 18, 2020

    Syarif Hadler: Seremoni Festival Panas Gandong Rutong Ditiadakan


    Ambon, Kompastimur.com 
    Acara puncak Panas Gandong di Negeri Rutong yang akan berlangsung dini hari, Rabu (18/03/2020) di Negeri Rutong, Letimur Selatan Kota Ambon, akan terselenggara dengan ditiadakan acara seremonial.
    Demikian disampaikan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler selaku Ketua Gugus Tugas (Gustu) Kota Ambon kepada wartawan, Selasa (17/3/2020).

    “Kami akan komunikasi semaksimal mungkin untuk yang dilaksanakan hanyalah acara adatnya saja, sedangkan acara seremonialnya ditiadakan. Kenapa? karena acara ini melibatkan banyak orang. Kita punya tamu yang masuk juga dari luar yaitu dari Jakarta, dan perlu kita ketahui bersama bahwa di Jakarta merupakan daerah endemik Corona,” ucapnya.

    Syarif katakan, sesuai prosedur, tamu yang datang harus dikarantina sampai selesai dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara instensif terkait perkembangan kesehatannya dan seterusnya.

    ‘Kalau tamu itu sudah ada pada tingkat pengawasan, maka yang bersangkutan harus di tangani secara serius,’’ jelasnya.

    Penyebab acara seremonial ini di batalkan karena ada banyak tamu undangan dari luar daerah dan luar kota yang akan datang ikut memeriakan festival panas gandong tersebut.

    “Karena ada tamu-tamu dari Jakarta dan daerah lainnya juga, sehingga kami batalkan acara seremonial dan hanya acara adatnya yang akan berlangsung. Karena ini melibatkan banyak orang, karena Jakarta merupakan daerah endemik corona, dan kita punya tamu dari sana,” katanya.
    Ia menjelaskan, untuk pintu masuk di acara panas gandong akan dilengkapi dengan alat pendeteksi suhu tubuh dan antiseptik untuk mendeteksi setiap tamu yang masuk.

    “Saya berharap acara festival panas gandong yang berlangsung ini, bisa berjalan dengan baik tanpa kendala,” harapnya.

    Sementara untuk pelantikan raja Hutumuri, tidak ada perubahan, kecuali yang kita maksiamalkan adalah tidak ada pesta ketika selesai acara pelantikan.

    “Kami akan koordinasi ke pihak kepolisian untuk tidak memberikan ijin kepada malam harinya jika mereka ingin melakukan pesta sebagai syukuran dalam rangka pelantikan tersebut,” pungkasnya. (KT/05)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Syarif Hadler: Seremoni Festival Panas Gandong Rutong Ditiadakan Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top