• Headline News

    Thursday, February 27, 2020

    Gawat ! Ada Kelas “Tiarap” Di SMP 6 Ambon


    Ambon, Kompastimur.com 
    Fenomena aneh kembali terjadi di dunia pendidikan, kali ini Siswa Kelas IX pada SMP Negeri 6 Ambon dibiarkan belajar di lantai salah satu ruang kelas baru pada sekolah tersebut.

    Padahal pihak sekolah sendiri tahu pasti bahwa ruangan tersebut belum dilengkapi dengan meubeler. Namun entah mengapa pihak sekolah menutup mata dan malahan menyuruh siswanya melakukan proses belajar mengajar pada ruangan yang masih kosong itu.

    Peristiwa kelas “Tiarap” pada SMP Negeri 6 Ambon ini terjadi Rabu (26/2/2020). Dimana saat itu pihak sekolah diduga menyuruh siswa pada salah satu kelas IX di sekolah tersebut guna melakukan proses belajar mengajar di dalam ruangan yang tidak memiliki bangku dan meja itu.

    Akibatnya, proses belajar mengajar pada kelas “Tiarap” di SMP Negeri 6 ini mendapat protes keras dari beberapa orang tua siswa. Mereka menilai pihak SMP Negeri 6 Ambon diduga sengaja menyuruh siswanya untuk belajar pada ruangan kosong yang belum ada meubelernya. Dan hal tersebut merupakan modus dari pihak sekolah agar orang tua siswa membeli meubeler.
      
    “Kalau hal ini terjadi maka sudah untuk ketiga kalinya. Awalnya sudah dua kali kami orang tua diminta membeli meubeler untuk mengisi dua ruangan kelas yang kosong. Lalu dana bantuan pemerintah buat sekolah dimana?” kesal beberapa orang tua siswa yang meminta namanya tidak disebutkan.

    Ternyata, lanjut mereka, selain membeli meubeler guna mengisi ruang kelas yang kosong. Siswa sekolah ini juga pernah dibebankan menyumbang uang sebesar Rp.250.000 persiswa guna membeli AC dan juga rehab sekolah.

    “Ini merupakan bentuk baru dari pungli dengan modus sumbangan pada sekolah dan hal ini tidak bisa dibiarkan mesti diberantas lantaran sekolah harus bebas dari semua bentuk pungli, ” tegas salah satu orang tua siswa.

    Bahkan mereka meminta agar pihak dan dinas terkait segerah merespon cepat masalah ini, sebab, ditakutkan akan ada modus – modus lain yang akan diterapkan sekolah dengan membodohi siswa dan orang tua.

    “Kami minta pemerintah melihat hal ini dengan serius. Ini fatal dan sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus. Kami takutkan ada modus-modus baru bermunculan disekolah ini. Ini memberatkan kami orang tua,” tandasnya. (KT/05)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gawat ! Ada Kelas “Tiarap” Di SMP 6 Ambon Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top