• Headline News

    Sunday, December 1, 2019

    BKPSDM Bursel Lauching e-Simpeg


    Namrole, Kompastimur.com
    Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Sabtu (30/11) melaunching Aplikasi berbasin online yaitu Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Online (e-Simpeg).

    Aplikasi yang dilaunching di Lantai dua Aula Kantor Bupati ini nantinya akan difungsikan untuk mengumpulkan, menampung semua informasi dan data tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkup Pemda Kabupaten Bursel, serta mengelolanya menjadi informasi yang cepat, tepat dan akurat.

    Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan salah satu dasar referensi penting dalam penetapan kebijakan di bidang kepegawaian adalah data pegawai yang terdiri dari data masing-masing pegawai lengkap dengan statistiknya.

    Sebab dengan data yang telah terkumpul menjadi satu dalam database, akan mempermudah Pemda maupun ASN itu sendiri untuk mengakses dan mengetahui data detail dari seorang ASN.

    “Didalam e-Simpeg seorang pegawai dapat dengan mudah mencari, menambah, mengunggah atau mengolah data sesuai dengan kebutuhan pegawai tersebut dan dengan membangun kepedulian dan kepemilikan data PNS terhadap data kepegawaian Kabupaten Bursel, kedepannya dapat digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan suatu data untuk mendukung sisten manajemen pegawai yang rasional demi mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegritas,” kata Tagop.

    Bupati dua periode ini berharap dengan dilaunchingnya aplikasi e-Simpeg ini, PNS dan serta pengelola data di masing-masing OPD terkait dapat melakukan peremajaan data pegawai dan setiap kali ada perubahan guna mewujudkan data yang mutakhir dan terintegritas.

    “E-Simpeg yang dikelola oleh OPD menjadi tanggung jawab Kasubag Umum dan kepegawaian atau pejabat yang menangani kepegawaian sehingga data yang ada di e-Simpeg dapat dimanfaatkan untuk proses layanan kepegawaian bagi PNS itu sendiri misalnya kenaikan pangkat, pensiun, diklat, promosi jabatan, mutasi dan pengurusan lainnya,” ucap Tagop.

    Lanjutnya, aplikasi hasil kerja sama BKD Provinsi Maluku dan BKPSDM Bursel ini terus dikembangkan untuk mempermudah proses layanan dan manajemen kepegawaian.

    Tagop menjelaskan, semua aplikasi ini akan terus dikembangkan agar bisa memenuhi semua kebutuhan kepegawaian guna memberikan layanan terbaik bagi semua pegawai di lingkup Pemda Bursel.

    “Dengan launching e-Simpeg di lingkup Pemda Bursel yang notabene semua perangkat lunak disiapkan dan divasilitasi  pada BKD Provinsi Maluku dengan suatu harapan di tahun 2020 Provinsi Maluku dalam hal ini BKD sudah terintegritas data kepegawaian dengan pemerintah kabupaten/ kota, BKN Regional dan BKN Pusat, begitu juga dengan kementerian terkait,” tutupnya.

    Sedangkan kepala BKPSDM Kabupaen Bursel, A M Laitupa kepada wartawan mengaku berbangga diri, sebab hingga saat ini baru tiga daerah yang menerapkan menejemen data kepegawaian dengan menggunakan aplikasi e-Simpeg ini dan salah satunya di Kabupaten Bursel.

    “Hanya baru tiga yang gunakan aplikasi ini, salah satunya kita di Bursel, yang duanya itu di Provinsi dan di Kota Tual,” ucapnya singkat.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, M Fahri Waleuhuru Kasubid Data dan Informasi dan M Rivaldi Sahid dari BKD Provinsi Maluku, Ketua DPRD Bursel Muhajir Bahta, Sekda Bursel Iskandar Walla, Pabung Kodim Persiapan Mayor Inf. Muh Saing, Kapolsek Namrole AKP Yamin Selayar, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, dan tamu undangan lainnya. (KT-02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKPSDM Bursel Lauching e-Simpeg Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top