• Headline News


    Wednesday, September 25, 2019

    Gempa Bumi 4,8 SR di SBB Tak Berpotensi Tsunami


    Maluku, Kompastimur.com
    Maluku kembali diguncang Gempa bumi, kini Gempa Bumi mengguncang Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan sekitarnya pada pukul 20:35:57 WIT. Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan M=4.8. Episenter. Gempa bumi terletak pada koordinat 2.98 LS dan 127.83 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 41 km Barat Piru-SBB pada kedalaman 10 km.

    Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi, menyampaikan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Seram.

    Dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di SBB III-IV MMI.

    “Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh banyak orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar dia dalam rilisnya, Rabu (25/9/)

    Dijelaskan, hingga pukul 21:20 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukan terjadi aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 2 kali.

    Dirinya menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

    “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pungkasnya. (KT/12)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gempa Bumi 4,8 SR di SBB Tak Berpotensi Tsunami Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top