• Headline News


    Tuesday, July 16, 2019

    Bupati SBT Buka Focus Group Discussion

    SBT, Kompastimur.com 
    Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD), yang belansung di Resto Sigafua, Jln.Protokol Bula pada, Selasa (16/07/2019).

    Bupati Seram Bagian Timur, dalam Sambutan tertulisnya menjelaskan, perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan dapat menjawab permasalahan daerah memerlukan data berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dan terkini yang bersumber dari berbagai OPD/Instansi/Lembaga. 

    Hal tersebut sejalan dengan Undang-undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional pasal 31 yang menjelaskam bahwa, perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

    “Data tersebut tidak hanya dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan, namun juga dimanfaatkan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pelaksanaan pembangunan serta digunakan untuk berbagai riset/penelitian," kata Keliobas.

    Selain itu, Badan Pusat Statistik berkewajiban untuk menyediakan data-data statistik, salah satunya dengan menerbitkan Publikasi Daerah Dalam Angka.

    Untuk di tahun 2019 ini, tepatnya tanggal 16 Agustus 2019 nanti, BPS Kabupaten Seram Bagian Timur akan merilis kembali publikasi ini dengan judul “Kabupaten Seram Bagian Timur Dalam Angka 2019”.

    “Dalam penerbitan buku ini disajikan profil pembangunan di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur selama tahun 2018," jelasnya.

    Menurutnya, data-data yang disajikan adalah data statistik sektoral yang bersumber dari berbagai OPD/Instansi/Lembaga dalam dilingkup Kabupaten Seram Bagian Timur, baik pemerintah maupun swasta serta hasil olahan data primer yang dilakukan oleh BPS sendiri.

    “Melalui Surat Kepala BPS Kabupaten Seram Bagian Timur Nomor: B-003/BPS/81076/02/2019  tanggal 1 Februari 2019 Perihal Permohonan Data Kabupaten Dalam Angka 2019, staf BPS Kabupaten Seram Bagian Timur telah mengunjungi kantor Bapak/Ibu untuk mengumpulkan data-data sektoral dimaksud. Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh OPD/Instansi/Lembaga yang telah menyampaikan data sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan semoga kerjasama yang baik ini dapat terus terjalin di masa mendatang," ucap Keliobas.

    Dikatakan, komunikasi dan diskusi yaitu Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Seram Bagian Timur Dalam Angka 2019 ini dilaksanakan untuk mendiskusikan berbagai permasalahan dalam hal pengumpulan data sektoral yang terdapat dalam publikasi Kabupaten Seram Bagian Timur Dalam Angka 2019.

    Kegiatan FGD ini dihadiri lansung oleh Kepala BPJS SBT, Ismail Rumata. Selain itu, hadir juga Perwakilan dari OPD serta kejaksaan, dan pihak Polres Seram Bagian Timur. Pada kesempatan ini, Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atas Kontribusinya Dalam Penyusunan Kabupaten Seram Bagian Timur Dalam Angka Tahun 2018, dimana BKD dinilai sebagai Dinas/Instansi yang terbaik dalam hal ketepatan waktu penyampaian data dan kualitas data, yang diterima lansung oleh Kepala BKPSDM SBT, Asri Keliora. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati SBT Buka Focus Group Discussion Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top