close
Elvis Charlse Lahallo
  • Headline News

    Monday, January 7, 2019

    Bupati Bursel Dinilai Tidak Serius Pimpin Pemerintahan

    Baca Juga


    Namrole, Kompastimur.com 
    Tertundah-tundahnya pelantikan Pejabat Esolon III dan IV dilingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menimbulkan banyak penilaian negatif dikalangan pejabat dan masyarakat. 

    Bahkan, ada yang menilai Bupati Tagop Sudarsono Soulisa dan Wakil Bupati Ayub Seleky tidak serius memimpin pemerintahan yang mereka pimpin.

    Diketahui sudah dua tahun, semenjak tahun 2017-2018 terjadi kekosongan pada jabatan Esolon III dan IV dilingkup Pemkab Bursel dan selama dua tahun itupula pembahasan APBD "dibuat" oleh bupati bersama Bapeda karena jabatan-jabatan itu semua demisioner.

    Kepada wartawan di Namrole, salah satu pejabat yang memintah namanya rahasiakan mengatakan, dua tahun, dari 2017-2018 jabatan Esolon III dan IV adalah demisioner. Sehinggah segala keputusan atau kebijakan adalah langsung dari Bupati.

    "Bagaimana katong mau mengambil keputusan atau membuat kebijakan kalau belum dilakukan pelantikan, semua keputusan dan kebijakan ada ditangan bupati," ujar pejabat ini.

    Dikatakan, belum dilakukan pelantikan pejbata ini menandakan bupati dan wakil bupati tidak serius menjalankan roda pemerintahan yang dipimpinnya saat ini.

    "Setiap ada rapat internal, bupati bilang akan dilakukan pelantikan pejabat Esolon III dan IV. Di apel pagi bersama diumumkan akan dilakukan segerah pelantikan. Dan diacara natal pemda bupati bilang akhir tahun (2018) pelantikan, sampai masuk 2019 juga belum," tutur pejabat ini prihatin.

    Lanjutnya, Penjabat Sekda (A M Laitupa) saja dalam mengambil sebuah kebijakan terkait anggaran juga ragu, karena keputusan ada pada bupati.

    Selain itu, disinggung soal Calon Sekda, pejabat ini mengaku diketahuinya sampai sekarang belum ada pejabat yang mencolonkan diri atau mendaftar dan dirinya enggan mengatakan penyebab sampai belum ada pejabat yang belum mendaftar.

    "Siapa yang nanti jadi sekda, pejabat-pejabat di Bursel ini sudah tahu siapa nanti yang akan jadi Sekda," katanya.

    Tambahnya, bukan lagi rahasia dikalangan pejabat siapa calon kuat yang akan menjadi pejabat Sekda karna calon kuat adalah Kadis Keuangan.

    "Calon kuat yang akan menjabat sebagai Sekda Buru Selatan itu Is Walla dan ini bukan rahasia lagi," ujarnya.

    Pejabat ini berharap agar Bupati Tagop Sudarsono Soulisa segerah melantik para pejabat Esolon III dan IV sehingga roda pemerintahan bisa berjalan dengan normal dalam pengambilan keputusan maupun kebijakan di setiap SKPD/OPD lingkup Pemkab Buru Selatan dapat berjalan secara terstruktur. (KT/06)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Bursel Dinilai Tidak Serius Pimpin Pemerintahan Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top