• Headline News


    Sunday, July 8, 2018

    Sinyal Telkomsel Hilang Sehari di Namrole



    Namrole, Kompastimur.com
    Jaringan telekominasi dan internet di Namrole, Ibukota Kabupaten Buru Selatan, hilang sehari. Telkomsel sebagai satu-satunya provider yang menyediakan jasa layanan telekomunikasi tersebut tiba-tiba tak lagi mengudara sejak Sabtu (7/7) siang.

    Belum diketahui secara pasti penyebab hilangnya jaringan telkomsel di Namrole.

    Akibatnya masyarakat yang hendak berkomunikasi maupun mengakses internet hanya bisa mengelus dada.

    Salah satu warga Namrole, Risat Lesnussa mengaku resah karena akses telekomunikasi dan internet sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini.

    Kondisi tersebut sambung dia, kerap kali terjadi apalagi kalau kondisi cuaca buruk di wilayah itu. 

    “Ini sudah menjadi hal bisa karena terkadang sinyal hilang di Namrole,” tuturnya.

    Lesnussa mengungkapkan hilangnya jaringan seluler dan internet disinyalir terjadi kerusakan pada kabel optic yang terpasang antara jalur Namlea Kabupaten Buru ke Namrole.

    “Kemungkinan karena cuaca buruk. Bisa saja terjadi longsor sehingga rusak atau juga ada yang sengaja memutuskan kabel optic di wilayah pegunungan,” duga Lesnussa.

    Ia berharap ada perhatian serius instansi terkait terlebih khusus pihak Telkom yang berada di Namrole.

    Sementara itu, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Buru Selatan, Nadap Soulisa maupun pihak Telkom tidak berhasil dihubungi wartawan terkait hilangnya jaringan telekomunikasi.

    Sementara itu pantauan wartawan untuk dapat berkomunikasi masyarakat di Namrole harus mencari signal  di Desa Masnana, Desa Wali maupun Desa oki. signal tersebut merupakan pancaran radio antena per antena dari Pulau Ambalau dan buano yang menggunakan satelit. sedangkan untuk sinyal yang hilang ini karena Telkomsel masih numpang signal satu jaringan dengan Telkom melalui kabel optik sehingga kalau kabel optic putus otomatis jaringan Telkomsel juga ikut hilang.

    Walaupun kondisinya demikian, jaringan telekomunikasi sudah bisa kembali bisa dimanfaatkan dan diakses masyarakat Minggu (8/7) sore sekitar pukul 17. 05 WIT. (S-35)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sinyal Telkomsel Hilang Sehari di Namrole Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top