• Headline News

    Kamis, 14 Juni 2018

    Petani Bawang Merah Curhat Kepada Ketua DPRD Tana Toraja



    Tana Toraja, Kompastimur.com
    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tana Toraja Welem Sambolangi berkunjung ke Daerah Pemilihan (Dapil) IV yang meliputi Kecamatan Masanda, Bittuang dan Malimbong Balepe, selama 5 hari yang dimulai hari Senin – Jumat, (4 - 8/5/2018).

    Jadwal kunker Ketua DPRD Welem Sambolangi ke Daerah Pemilihan (Dapil) IV dimulai dari Kecamatan Masanda. Dalam kunkernya Politisi Partai Golkar itu mengunjungi beberapa Lembang (Desa) dengan meninjau langsung proyek yang sedang dikerjakan, baik yang dibiayai melalui dana APBD, APBN maupun yang dibiayai lewat Alokasi Dana Desa tahun 2018.

    Selain meninjau langsung beberapa proyek yang sedang dikerjakan, Welem juga meninjau beberapa usaha dan kegiatan para petani, termasuk bertandang ke kebun Baharuddin (65) di Kampung Tanete, Lembang Pondingao yang sedang  panen bawang merah.

    Baharuddin petani bawang merah yang awak media kami temui di lokasi kebunnya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Ketua DPRD Welem Sambolangi yang melaksanakan kunjungan kerja dan menyambangi kebunnya.

    “Ini suatu anugerah dan kebanggaan, Ketua DPRD dapat menyempatkan diri ke kebun kami dan berharap kepada Pak Ketua sekiranya kami dapat dibantu dan
    difasilitasi dengan pembeli, soalnya ini sudah kami panen bawang namun tidak
    ada pembeli,” harap Baharuddin.

    Selanjutnya, Baharuddin juga mengungkapkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh petani khususnya petani bawang merah, seperti masalah pupuk dan pestisida untuk membasmi hama yang menyerang bawang merah milik petani, apalagi dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat sekarang di tempat kami ini.

    Menanggapi curhatan petani bawang merah tersebut, Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi langsung menyatakan kesiapannya untuk menfasilitasi para petani bawang dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Tana Toraja.

    “Kalau tidak ada yang mau membeli kasihan petani kita, modalnya dan tenaga sudah masuk dan hasil panen sangat luar biasa, namun pembeli yang tidak ada. Saya akan sampaikan kepada Pemerintah Daerah agar difasilitasi dengan cara mencarikan pembeli dan kalau tidak ada pembeli, Pemerintah Daerah yang beli sehingga semangat petani tidak kendor untuk melakukan usahanya,” jelasnya.



    Selanjutnya, Welem, memberikan apresiasi kepada para petani di Kampung Tanete, Lembang Pondingao, Kecamatan Masanda karena telah berhasil mengembangkan tanaman bawang merah karena ini sangat mermanfaat buat kesejahteraan petani.

    “Saya sangat bangga melihat tanaman bawang ini, karena hasilnya sangat baik. Harapan kita kedepan kiranya pendampingan dari penyuluh lebih dimaksimalkan, sehingga dapat meningkatkan Swasembada pangan di Lembang Pondingao, Kecamatan Masanda, sehingga kita tidak lagi ketergantungan dari daerah luar dan kita jangan malu untuk menjadi petani. Karena kalau kita tekuni dan mengikuti prosedur yang benar, maka saya yakin petani akan lebih besar pengahasilannya dibandingkan dengan Pegawai Negeri,” kata Ketua DPRD 2 Tana Toraja periode itu.

    Melihan perkembangan dan hasil budidaya tanaman bawang merah dengan hasil panen yang cukup memuaskan, maka tanaman bawang merah itu, bisa menjadi komoditas unggulan di Lembang Pondingao, Kecamatan Masanda. (KT-MZT)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Petani Bawang Merah Curhat Kepada Ketua DPRD Tana Toraja Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top