• Headline News

    Selasa, 19 Juni 2018

    KPU Tana Toraja Gelar Pleno Terbuka Penetapkan DPS Pemilu Tahun 2019



    Tana Toraja, Kompastimur.com
    Sesuai dengan  tahapan pemilihan umum tahun 2019, KPU Tana Toraja menggelar rapat pleno terbuka Penetapan Dafrar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Tahun 2019.

    Rapat rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Tahun 2019 itu, dilaksanakan di di Hotel Pantan, Makale, Sabtu (16/6/2018).

    Rapat pleno terbuka itu, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa, didampingi oleh 4 anggota Komisioner KPU lainnya, serta Ketua Panwaslu Kabupaten Tana Toraja M.Zuhud Muhallim juga didampingi oleh 2 anggota Panwaslu lainnya.

    Dalam rapat pleno terbuka tersebut, tampak hadir pula sejumlah wakil dari Partai Politik yang ada di Kabupaten Tana Toraja, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Tana Toraja dan undangan lainnya.

    Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan pemilu tahun 2019.

    “Hari ini KPU Tana Toraja menggelar rapat pleno terbuka tentang Penetapan Dafrar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Tahun 2019. Hal ini  merupakan suatu proses verifikasi faktual daftar pemilih sementara,” kata Rizal.

    Sementara itu, Ketua Panwaslu Tana Toraja M.Zuhud Muhallim, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu tahapan Pemilu Tahun 2019 dimana KPU berkewajiban untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan memberikan berita acara.

    “Tujuan berita acara itu diberikan agar kita sama-sama melakukan koreksi. Tugas PPK untuk menyerahkan berita acara kepada Partai Politik,” tegas Zuhud.

    Dari hasil rekapitulasi tersebut, diketahui bahwa jumlah DPS naik bila dibandingkan DPT Pilkada Tahun 2018. Bila dibedakan berdasarkan jenis kelamin, maka laki-laki yang terdata sebanyak 83.919 orang dan jumlah perempuan yang terdata sebanyak 80.707 orang. Maka bila ditotalkan maka jumlah DPS Pemilu 2019 sebanyak 164.626 orang.

    Alexander Kambuno, Anggota KPU Tana Toraja Bidang Data ditanya soal adanya kenaikan  4.993 orang pada Dafrar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Tahun 2019 itu, bila dibandingkan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada serentak Tahun 2018 sebanyak 159.633 orang.

    “Ada beberapa faktor yang membuat DPS Pemilu Tahun 2019 itu naik dari DPT Pilkada serentak 2018, diantaranya adanya WNI yang sudah memenuhi usia 17 dan atau sudah menikah, adanya TNI/Polri yang sudah purna bhakti dan pemilih sudah  memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, “ ujar Alex. (KM-MZT)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KPU Tana Toraja Gelar Pleno Terbuka Penetapkan DPS Pemilu Tahun 2019 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top