• Headline News

    Rabu, 04 April 2018

    SMPN 2 Sertim US Dengan Tarian Susula dan Cakalele



    Bula,  SBT- Kompastimur.com 
    Puluhan Pelajar SMP Negeri 2 Seram Timur (Sertim), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Ujian Sekolah (US) di bentuk dalam pergelaran seni tari lokal daerah Senin (02/04). Kegiatan aksi itu dilaksanakan dalam rangka ujian praktik seni dan budaya. Ada dua pergelaran yang ditampilkan para siswa. Yakni tari Susula dan tari Cakalele. Suasana sekolah pun terasa semarak.

    Sejak pukul 08.00 para pelajar bersiap-siap tampil. Mereka harus tampil dalam satu kelompok. Satu kelompok terdiri atas empat hingga belasan orang. Nah, penampilan antarkelompok tersebut harus berbeda. ’’Anak-anak itu jauh-jauh hari mempersiapkannya,’’ ujar  Kepala Sekolah SMPN 2 Sertim Anjas Rumakabis Waka kepada media ini.

    Persiapan mereka tampak total. Mulai cara berpakaian, cara penampilan serta perlengkapan penunjang penampilan lainnya. Dengan berkelompok, mereka pun terlatih untuk bekerja sama dan berkoordinasi

    Ada pembelajaran tentang pembagian tugas di dalamnya. ’’Mereka latihan manajemen tim,’’ kata pria yang akrab disapa Bang Anjas tersebut.

    Tidak kalah penting, mereka juga harus menampilkan tarian yang berbeda antara satu kelompok dan kelompok lainnya. Selain dalam satu kelompok, latihan koordinasi dilakukan dengan kelompok lain yang lebih banyak. Dengan begitu, pikiran inovatif dan kreatif pun akan muncul untuk memikirkan cara agar bisa tampil unik serta menarik.

    "Anak-anak menampilkan tarian lokal khas Bumi Ita Wotu Nusa seperti tari Susula dan Cakalele,’’ paparnya.


    Menurut Rumakabis, para siswa memang harus total. Tidak boleh tampil apa adanya. Sebab, guru akan memberikan penilaian. Semakin total dan kompak dalam menunjang, nilainya tentu akan semakin tinggi.

    Dikatakan Rumakabis, Pada tahapan ujian sekolah tersebut tiga mata pelajaran di berikan kewenangan langsung oleh pihak selolah untuk melakukan ujuan sekolah berdasarkan kurikulum yang berlaku dan di berikan kewenangan bagi setiap lembaga sekolah yang bersangkutan.

    "Pada ujian sekolah SMPN 2 Sertim tahun ajaran 2017/2018 kali ini kami melaksanakannya dalam bentuk praktek yakni praktek tarian adat yang menjadi kebanggaan besar bagi kita semua yang tinggal di Bumi Ita Wotu Nusa ini," terangnya.

    Ditambahkan Rumakabis, Ujian hari pertama dimulai dengan mata pelajaran SBK, para peserta ujian menampilkan tarian adat yang di prioritaskan oleh pihak sekolah guna menunjang nilai mereka nantinya.

    "Para siswa ujian, kami memberikan mereka praktek tarian daerah ini agar mereka tidak lupa akan budaya mereka yang sesungguhnya dua tarian yang di peragakan diantaranya yang dikenal dengan tari Susula dan Cakalele dengan kegiatan seperti ini siswa diharaplan selain menguasai ilmu pengetahuan sesuai dengan perkembangan zaman, siswa dituntut pula untuk menjaga dan melestarikan budaya kearifan lokal yang menjadi khasana setiap daerah," tutup Rumakabis. (KT-Rls)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: SMPN 2 Sertim US Dengan Tarian Susula dan Cakalele Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top