• Headline News

    Minggu, 29 April 2018

    LAPAS Kelas IIB Tual Gelar Upacara Peringati HUT PAS Ke-54



    Langgur, Kompastimur.com
    Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIb Tual menggelar Upacara dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (PAS) ke-54 Tahun 2018, yang digelar di Rutan Lapas setempat, pada hari Jumat (27/4).

    Upacara HUT PAS tersebut, dilaksanakan penuh hikmat dan sederhana dengan Inspektur Upacara (Irup) yakni Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIb Tual, Abdul Rahman Bahata, sekaligus membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) Yasonna H. Laoly.

    Dalam sambutannya, Menkumham mengatakan, upaya pemasyrakatan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik merupakan bukti bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan dan menjawab segala permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

    Yasona menjelaskan, bahwa salah satu wujud nyata yang dilakukan oleh jajaran pemasyarakatan adalah dengan membuat mekanisme percepatan dalam pemberian pelayanan hak bagi Warga Binaan (WB) Pemasyarakatan dengan mengunakan teknologi informasi.

    Langkah tersebut sudah ditetapkan menjadi sebuah kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.


    Yasonna berharap, tidak ada lagi cerita usang tentang rendahnya moralitas dan integritas petugas pemasyarakatan yang terulang. Janganlah bekerja hanya melaksanakan rutinitas yang sama secara terus-menerus.  Jika ingin suatu perubahan lakukanlah suatu terobosan dan effort yang lebih. Tanamkan Semangat pembaharuan yang open minded, progresive, serta core value dengan semangat Kami PASTI untuk menghadapi tantangan tugas ke depan.

    “Marilah kita bersatu untuk membuat komitmen besar membangun pemasyarakatan dengan menjalankan tugas yang dilandasi oleh Peraturan Perundang-undangan serta mampu menciptakan iklim birokrasi yang efektif, efisien, bersih dari korupsi dan siap melayani masyarakat,” tegasnya.


    Yasonna berpesan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk tetap semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, menunjukkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara ini dengan memberikan dharma bakti melalui pengabdian yang terbaik.

    Untuk diketahui, pada peringatan Hari Bhakti PAS ke 54 Tahun 2018, LAPAS Kelas IIb Tual meraih Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HM RI terkait Operator SDP terbaik, yakni Juara Pertama SDP (Sistem Data Pemasyarakatan) Terbaik se-Indonesia Timur. Penghargaan SDP ini adalah Pelaporan secara online tepat waktu ke Pusat Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan. (KT-BR)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: LAPAS Kelas IIB Tual Gelar Upacara Peringati HUT PAS Ke-54 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top