• Headline News

    Kamis, 22 Maret 2018

    SAR Go To School Sasar Pelajar di Buru




    Namlea, Kompastimur.com
    SAR go to school, kini menyasar pelajar di Kabupaten Buru. Murid SD, siswa/i SPM dan SMA, diberi penyuluhan dan dilatih selama sehari bagaimana cara menolong diri sendiri dan orang lain saat terjadi bencana.

    Kasubdit Bina Potensi Basarnas Pusat, Anggit Mulya Satoto, kepada wartawan usai membuka kegiatan penyuluhan dan pelatihan SAR go to school, bertempat di Obyek Wisata Ako, Pantai Jikumerasa, Rabu (21/3) menjelaskan, kalau kegiatan ini sudah dilakukan di banyak daerah.

    Tapi untuk Kabupaten Buru, baru dilakukan Tahun 2018 ini dan langsung ditangani dari kantor pusat.
    "Kami menyasar tempat-tempat yang belum terjangkau. Selama ini kegiatannya di ibukota propinsi.Kami menyasar adik-adik sekolahan agar mereka punya sar preasure,bisa menolong dirinya sendiri,"jelas Anggit.

    Anggit berharap, dengan penyuluhan dan pelatihan langsung kepada murid SD serta siswa/i SMP dan SMA, maka kelak bila ada terjadi situasi darurat, dia bisa menolong dirinya sendiri. Kemudian  dia bisa menolong lingkungannya, karena itu lebih baik.

    Kemudian bila di lingkungannya ada kedaruratan, mereka yang sudah dilatih ini  dapat menginformasikan ke Basarnas terdekat.

    Menurut Anggit, Kegiatan di Buru ini dilaksanakan hanya satu hari. Melibatkan murid SD dan siswa/i dari 22 sekolah di lingkup kota Kabupaten Buru. "Kami pernah mencoba sampai dua tiga hari, tapi anak-anak ini butuh bersekolah, jadi kami hanya gunakan waktu satu hari full," jelasnya.

    "Kami beri mereka pengetehuan untuk menanggulangi kedaruratan yang ada di wilayah masing-masing.Namlea, Pulau Buru, mayoritas dominannya wilayah perairan. Jadi kami fokus ke perairan,"tambahkan Anggit.


    Dalam latihan ini, para pelajar ini diajar bagaimana cara mereka menolong dirinya sendiri saat di terjadi situasi darurat, kemudian menolong orang lain.

    Kali ini Basarnas lebih fokus melatih para pelajar ini di perairan dengan menggunakan peralatan yang seadanya, kemudian latihan menggunakan peralatan yang lebih lengkap. Misalnya ada dayung, ada selam dan sebagainya.

    Para pelatih dari basarnas ini melakukan edukasi tentang SAR preventif, yaitu menyiapkan anak-anak, ketika mereka dalam kondisi membahayakan jiwa manusia, apa yang harus dilakukan agar mereka tidak menjadi korban.

    Sementara itu, Asisten II Pemkab Buru, Ir Masri Bugis menyambut baik kegiatan SAR go to shool. Kegiatan ini dinilai berdampak positif bagi para pelajar.

    Ia berharap, ke depan ada juga kegiatan legitimasi bencana, baik dalam bentuk penyuluhan maupun pelatihan,  sehingga masyarakat lebih siap bila terjadi situasi darurat, sehingga dapat meminimalisir korban bencana.(KT-11)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: SAR Go To School Sasar Pelajar di Buru Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top