• Headline News

    Sunday, January 7, 2018

    Patrix : DPC PSI Lolos Verifikasi, Ini Jadi Kado Tahun Baru


    Manokwari, Kompastimur.com 
    Setelah melalui tahap verifikasi administrasi, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Manokwari kembali melaju mulus dalam rangkaian verifikasi faktual yang digelar oleh KPU Manokwari. 

    Sabtu, 6 Januari lalu, Pleno KPUD Manokwari menetapkan PSI memenuhi syarat dalam dua aspek verifikasi faktual. Yakni verifikasi terhadap kepengurusan dan anggota. 

    Dalam verifikasi kepengurusan, KPUD memeriksa personil pengurus, pemenuhan kuota 30 persen perempuan dalam struktur pengurus di tingkat kabupaten, dokumen SK, kehadiran pengurus, perlengkapan dan atribut kantor serta dokumen semisal rekening dan surat domisili. 

    Sementara dalam verifikasi keanggotaan, KPUD mendatangi 20 orang anggota yang menjadi sampel yang mewakili 200 lebih anggota PSI yang terdaftar dalam SIPOL KPU. 

    "Seluruh proses ini sudah berlangsung dengan baik dan juga semua dipantau oleh Bawaslu Manokwari," kata Ketua KPID, Alberth Burwos dalam pleno yang dihadiri seluruh komisioner KPU dan anggota Bawaslu Manokwari. 

    Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tandirerung mengatakan keberhasilan pihaknya melalui tahap verifikasi ini merupakan kado terbaik tahun baru. Lebih dari itu, ini adalah hasil dari sinergi seluruh tingkatan pengurus baik DPP, DPW, DPD maupun DPC termasuk para anggota dan relawan. 

    Pihaknya juga mengakui bahwa proses ini cukup berat. Terlebih sebagai partai baru, PSI harus memulai dari awal: baik rekrutmen anggota maupun pembentukan pengurus di 100 persen diatrik se-Manokwari. Meski begitu, tahap ini satu persatu bisa dilalui terlebih KPUD menyediakan help desk sebagai unit layanan konsultasi. 

    Pasca verifikasi, jelas Patrix, PSI Manokwari makin mantap menghadapi Pemilu 2019. Saat ini pihaknya terus membuka pendaftaran bakal caleg. 

    Dalam konteks rekrutmen Caleg pihaknya masih mengacu pada pemetaan daerah pemilihan pada Pileg 2014 lalu. Namun ia menyebut, Ketua KPUD telah menyampaikan secara lisan bahwa pihaknya bersama sejumlah elemen akan diundang untuk mendiskusikan kemungkinan2 perubahan Dapil. 

    Selain itu dalam waktu dekat DPD PSI Manokwari akan melakukan penataan pengurus agar lebih maksimal menghadapi Pemilu.

    "Struktur kami sekarang sangat minimalis. Makanya kita perlu segera membentuk devisi-devisi sebagai unit kerja organisasi untuk program-program pemenangan yang spesifik," jelasnya. (KT-ARA)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Patrix : DPC PSI Lolos Verifikasi, Ini Jadi Kado Tahun Baru Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top