• Headline News

    Wednesday, January 3, 2018

    Munawir Kubal : DPRD Itu Pengabdian Terhadap Rakyat


    SBT, Kompastimur.com.
    Kondisi kekinian yang terjadi di Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), terutama masalah Infrastruktur Jalan dan jembatan yang sampai hari ini tidak dicium aromanya oleh Masyarakat Negerinya. Hal ini diungkapkan oleh Munawir Kubal, Ketua OKK DPD NasDem SBT kepada Media ini, Selasa (2/1) Via telpon selulernya.

    Calon Anggota DPRD SBT dari Partai NasDem ini menjelaskan, kondisi yang yang dialami Masyarakat Kecamatan Werinama pada khususnya wilayah Utian Lima yang terdiri dari Negeri Administratif Tum, Gusalaut, Osong, Tobo dan Batuasa adalah bagian dari integral wilayah SBT, namun dari sentuhan pembangunan pasca pemekaran SBT pada 2003 lalu sampai saat ini tidak diperhatikan secara serius, sehingga akses dari dan ke Wilayah Utian Lima terpaksa mengandalkan transportasi laut akibat tidak ada akses jalan dan jembatan.

    "Pasca pemekaran SBT dari 2003 lalu wilayah Utian Lima sangat Jauh dari harapan sebagai Daerah maju. Tak ada jalan  dan jembatan sehingga ke sana Masyarakat hanya mengandalkan kendaraan laut,"Ucapnya.

    Untuk itu, dirinya bertekad Maju sebagai Calon Anggota Legeslatif pada 2019 mendatang sebagai langka jitu yang dipilihnya. Menurutnya Dewan Perwakilan Rakyat adalah Lembaga pengabdian untuk Rakyat, sehingga dirinya bertekad, jika terpilih Maka secara otomatis akan memperjuangkan kepentingan Masyarakat yang mendiami Daerah-daerah tersebut, karena mereka juga mempunyai hak yang sama seperti warga lainnya di Kabupaten ini.

    "DPR itu lembaga pengabdian terhadap Rakyat, bukan lembaga memperkaya diri. Saya bertekad maju karena merasa terpanggil melihat kondisi yang ada disana,"Kata Kubal.

    Ditambahkan, Daerah Utian Lima yang berada di Kecamatan Werinama merupakan Daerah Pemilihan (Bula, Teluk Waru, Bula Barat, Werinama dan Siwalalat), namun dari sisi Pembangunan, daerah lain yang ada dalam Wilayah dapil satu jauh lebih Maju, mulai dari Infrastruktur Jalan, jembatan, telkomunikasi, dan penerangan, sehingga dirinya menilai keberpihakan APBD SBT tidak ada disana sehingga Masyarakat yang berada di Wilayah Utian Lima tidak menimakmati penerangan, jalan, jembatan dan telkomunikasi seperti yang ada di Daerah lain.

    " Saya menilai, tidak ada keberpihakan APBD disana. Warga tidak bisa menikmati akses jalan, jembatan, telkomunikasi dan penerangan dengan baik seperti di Daerah lain, padahal mereka memiliki hak yang sama atas Anggaran Daerah ini,"Ucapnya dengan nada kesal.


    Untuk diketahui, wilayah Utian Lima yang terdiri dari, Negeri Administratif Tum, Gusalaut, Osong, Tobo dan Negeri Batuasa yang terletak di ujung kecamatan Werinama tersebut berbatasan lansung dengan Kecamatan Kelimury. Tidak ada akses jalan dari dan ke Desa-desa ini sehingga Masyarakat setempat hanya mengandalkan transportasi Laut sebagai satu-satunya jalan untuk ke Daerah sekitar. Selain itu, tidak ada jaringan Listrik, sedangkan pembangunan di daerah-daerah lain yang berada dalam wilayah Dapil satu sudah jauh lebih maju, padahal, Utian Lima merupakan bagian terpenting dari Kabupaten ini. Untuk itu, dirinya berharap, di Tahun Anggaran 2018 ini setidaknya ada sedikit sentuhan untuk wilayah Utian Lima. (KT-FS)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Munawir Kubal : DPRD Itu Pengabdian Terhadap Rakyat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top