• Headline News

    Jumat, 12 Januari 2018

    Herman Selesai Tes Kesehatan, MasBro-Vanath Lanjut Sabtu

    Ambon, Kompastimur.com
    Memasuki hari kedua pelaksanaan tes kesehatan calon kepala daerah-wakil kepala daerah untuk Pilkada 2018 di provinsi Maluku, kabupaten Maluku Tenggara dan kota Tual yang berlangsung di RSUD dr Haulussy Kudamati Ambon, Jumat (12/01), baru calon Gubernur Maluku Herman Koedoeboen yang tuntas diperiksa baik fisik, psikotes maupun wawancara.

    Sementara pasangannya, Abdullah Vanath masih harus menjalani tahapan terakhir di hari terakhir. Demikian pula duet Irjen Pol Murad Ismail-Barnabas Orno (MasBro/Baileo) memilih menunda pemeriksaan ke hari esok (Sabtu) karena berbagai pertimbangan.

    Pantauan media ini di lokasi, Koedoeboen selesai diperiksa tim medis dari IDI Maluku dan psikolog Unhas Makasar untuk psikotes sekira pukul 18.30 Wit. Dia keluar bersama Vanath. Satu jam sebelumnya, Murad Ismail juga terlebih dahulu meninggalkan RS usai diperiksa kurang lebih 5 jam. Pasangannya, Barnabas Orno telah akhiri pemeriksaan sebelum sholat jum’at dan akan lanjutkan bersama sang jenderal di hari terakhir.

    Sedangkan, calon walikota Tual Adam Rahayaan, Yunus Serang dan pasangan Adhly Bandjar-Fadilah Rahawarin sudah tuntas diperiksa. Sedangkan pasangan Rahayaan, Usman Tamnge belum selesai termasuk Fransina Balubun (Eva) cawawali dari Serang hingga petang masih marathon diperiksa tim dokter. Termasuk calon bupati-wabup Maluku Tenggara Angelius Renyaan-Hamzah Rahayaan (AMANAH) dan cabup Thaher Hanubun. Sementara pasangan Hanubun, Petrus Beruatwarin (Sekda Malra saat ini) telah selesai sorenya.

    “Tesnya tidak terlalu sulit lah untuk fisik maupun psikotest. 350 soal dalam 1,5 jam, sisanya besok. Karena saya juga butuh istirahat,” singkat Murad.

    Senada, Koedoboen juga menilai, proses tes kesehatan kali ini tidak terlalu berbeda jauh dengan sebelumnya dan tidak juga sulit karena sudah pernah menjalani. Hanya lama memang di psikotest. Hal demikian diakui pula cawali kota Tual, Yunus Serang.

    “Itemnya banyak lah, tes kepribadian hingga wawancara. Tidak sulit amat, Allhamdulilah lancar. karena juga sudah pengalaman.  Mau jadi kepala daerah yang baik memang harus diuji. Optimis saya dan ibu Eva akan lolos tes,” tukas ketua DPD Golkar Malra tersebut.

    Ongky Mayaut, salah satu penyelenggara tim kesehatan yang dikoordinir oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku mengungkapkan, terdapat sembilan item pemeriksaan fisik maupun kejiwaan. Yang paling lama adalah psikotest, memakan waktu bisa lima-enam jam dengan ratusan pertanyaan. Serta ada pula tes wawancara dan kepribadian.

    “Para balonkada sebagian sudah selesai menjalani pemeriksaan. Beberapa nanti lanjut besok hari terakhir. Lama memang di psikotest bisa lima-enam jam,” terang Mayaut.

    Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan hari pertama, Kamis (11/01), sudah dijalani oleh pasangan Cagub-Cawagub Maluku Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) dan Utha Safsafubun-Abdurahman Matdoan (UTAMA) selaku calon bupati-wakil bupati Malra. (KT-IE)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Herman Selesai Tes Kesehatan, MasBro-Vanath Lanjut Sabtu Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top