• Headline News

    Senin, 08 Januari 2018

    Dari Politisi Hingga Tokoh Masyarakat Minta Kapolri Tepati Janji


    Manokwari, Kompastimur.com
    Desakan warga Papua Barat di 12 Kabupaten dan 1 Kota terus bermunculan sepekan terakhir. Mewakili masyarakat dan suku-suku di Papua Barat terus mendesak Kapolri Tito Carnavian untuk menempatkan Brigjen Pol Pietrus Waine sebagai Kapolda di Polda Papua Barat. 

    Perwakilan empat suku besar di Sorong Raya yaitu Inanwatan, Metemani, Kais dan Kokoda (IMEKKO), Oktovianus Kasikasau meminta Kapolri Tito Carnavian untuk menempatkan Brigjen Pol Pietrus Waine sebagai Kapolda Papua Barat. 

    Oktovianus Kasikasau, ketua Imekko Sorong raya mengatakan bahwa Kapolri sudah berjanji, dan janji itu harus ditepati. Karena masyarakat asli Papua akan selalu menuntut janji itu. 

    "Janji adalah hutang jadi harus ditepati dan ini permintaan empat suku besar di Sorong Raya", kata Kasikasau.

    Dia juga meminta Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan turut mendukung desakan warganya, karena suara rakyat adalah suara Tuhan,  bahkan dia menyebut trac record sosok Brigjen Pol Pietrus Waine dalam tugas pengabdiannya tidak diragukan lagi dan selalu menjadi panutan anak-anak asli Papua di atas Negeri Papua. 

    "Pak Waine punya catatan prestasi yang baik di mata masyarakatnya sendiri sehingga kalau masyarakat yang minta, itu artinya ada kepercayaan dan penilaian tersendiri", tuturnya. 

    Lanjut Kata Oktovianus, cukup sudah tiga Kapolda Papua Barat dijabat oleh Non Papua, maka berilah kesempatan untuk Kapolda ke-empat di Polda Papua Barat untuk Brigjen Pol Pietrus Waine, karena dari segi UU, sudah tertuang di dalam UU Otsus, dan jangan sampai hak anak Asli Papua terus dikebiri. Karena kami bagian dari NKRI, 

    Senada dengan Oktovianus, Mewakili pemuda dan warga Raja Ampat, Ferdinand F. Makusi tokoh Pemuda Raja Ampat, turut memberikan desakan yang  kuat. Dia berharap, Kapolri harus mempertimbangkan harapan dan keinginan masyarakat asli Papua di Provinsi Papua Barat yang memilih Brigjen Pol Pietrus Waine sebagai Kapolda Papua Barat. 

    "Waktu promosi bintang satu (Brigjen) oleh pak Waine sudah berjalan 6 bulan lebih, dan ini sudah saatnya. Kapolri harus berani tepati janjin", ungkapnya.  

    Arius Mambrasar ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Raja Ampat juga mengingatkan Kapolri,  dia mendesak Jendral Tito Carnavian menepati janjinya. Politisi muda ini mengaku warga Raja Ampat punya harapan besar agar Brigjen Pol Pietrus Waine jabat Kapolda Papua Barat. 

    "Selama di Polda Papua Barat, pak Waine hanya jadi orang nomor dua (Wakapolda) padahal dia adalah putra asli Papua yang punya hak. Jika pertimbangan saat ini dari segi kepangkatan, Waine sudah layak dan kami tunggu janji Kapolri", ujarnya singkat

    Sebelumnya, Ketua Laskar Anak Bangsa Anti Korupsi ( LABAKI) Papua Barat di Manokwari, Yan Arwam juga mengusulkan Brigjen Pol Pietrus Waine sebagai Kapolda Papua Barat untuk menggantikan Brigjen Pol Drs.Rudolf Alberth Rodja. Usulan ini disampaikan Arwam sebagai bahan pertimbangan Kapolri Tito Carnavian dan Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan. 

    Kata dia, Pietrus Waine salah satu putra terbaik Papua yang cukup lama mengabdi di Institusi Polri baik dalam penugasan di luar Tanah Papua hingga di wilayah hukum Polda Papua dan Polda Papua Barat. 

    "Jabatan penghargaan sebagai Kapolda harus diberikan kepada Waine, karena dia salah satu putra terbaik Papua dengan pangkat Jenderal Bintang Satu (Brigjen) di Institusi Polri. Dia cakap, patuh pada pimpinan dan setia dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian dalam pelayanan kepada masyarakat maupun kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia", ungkap Yan, Minggu (07/01). 

    Sebagai mitra dan sahabat Polisi, Yan Arwam juga meminta Kapolri Tito Carnavian tidak lupa janjinya, untuk menempatkan Pietrus Waine sebagai Kapolda Papua Barat setelah mendapat promosi bintang satu, minimal 6 (enam) bulan. 

    Dia juga minta Gubernur Mandacan untuk merekomendasikan Waine sebagai Kapolda Papua Barat jika dalam waktu dekat ada mutasi dan rotasi dalam jabatan Kapolda Papua Barat dari Mabes Polri, sehingga harapan masyarakat asli Papua di wilayah hukum Polda Papua Barat dapat terpenuhi sebagai bentuk implementasi dari UU Otonomi Khusus Papua No.21 Tahun 2001. 

    Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy SH berharap Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan untuk tidak lupa akan janji' Kapolri Tito Carnavian untuk promosikan jabatan Kapolda PB kepada Brigjen Pol Petrus Waine. 

    "Saat berkunjung ke Manokwari, pertengahan tahun lalu Tito janji akan promosikan jabatan Kapolda kepada Waine dengan pangkat Brigjen", ungkap Warinussy diruang kerjanya akhir pekan lalu. 

    Dikatakan Warinussy, promosi bintang satu (Brigjen) yang disandang Waine saat ini sudah memenuhi syarat, bahkan Kapolri Tito sempat menyampaikan bahwa minimal 6 bulan promosi pangkat Brigjen sudah bisa diangkat sebagai Kapolda.


    "Ini yang masyarakat tunggu", kata dia lagi. (KT-ARA) 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dari Politisi Hingga Tokoh Masyarakat Minta Kapolri Tepati Janji Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top